MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Surat Suara DPD Mulai Disortir, KPU Pati Butuh Gudang Tambahan

0 82

MuriaNewsCom, Pati – Usai pelipatan surat suara calon presiden dan wakil presiden, kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai melakukan penyortiran dan melipat surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Proses pelipatan yang dilakukan di Aula KPU setempat itu, dikerjakan oleh 65 orang yang diawasi penuh dari pihak kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pati.

Komisioner KPU Pati Supriyanto mengatakan, total jumlah surat suara DPD sebanyak 1.055.487 lembar. Dengan melibatkan 65 pekerja tersebut, pelipatan diperkirakan rampung hingga 8 hari ke depan.

“Kami pastikan sebelum surat suara lainnya datang, khusus untuk pelipatan surat suara DPD ini sudah selesai. Sehingga, selanjutnya kami bisa konsentrasi untuk pelipatan surat suara calon legislatif,” katanya, Rabu (6/3/2019).

Diakuinya bahwa proses pelipatan itu sampai saat ini belum menuai kendala. Hanya saja, pihaknya tetap mengantisipasi apabila nanti surat suara caleg berangsur datang. Terutama pada gudang penyimpanan dan pelipatan.

Pihaknya berencana untuk meminjam ruangan dalam gedung Stadion Joyokusumo untuk melakukan pelipatan tersebut. Hal itu didasakan pada pertimbangan dekatnya lokasi dengan kantor KPU dan luas ruangan yang cukup lebar.

“Jika hanya mengandalkan aulu KPU saja, itu tidak cukup. Belum lagi kalau nanti surat suara caleg sudah datang. Maka memang harus ada gudang tambahan untuk pelipatan ini. Kalau pandangan kami adalah di Stadion Joyokusumo. Pihak sekretariat sudah kami minta untuk mengurusi hal itu,” ujarnya.

Dalam proses pelipatan ini, pihaknya juga melibatkan para difabel yang sudah terbiasa bekerja sama dengan KPU. Selain itu, masyarakat sekitar juga turut terlibat di dalamnya.

“Yang jelas kami lebih menekankan agar pada pekerja lebih cermat dan teliti dalam proses penyortiran maupun pelipatan surat suara,” tandasnya.

 

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.