Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Surat Suara Nyasar ke Kudus, KPU Jateng Akan Lapor ke Pusat

MuriaNewsCom, Kudus – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah akan menyampaikan surat suara yang nyasar di KPU Kudus belum lama ini, Selasa (5/3/3019). Rencananya, KPU Jateng akan menyampaikan surat suara nyasar itu ke KPU Pusat.

“Ini nanti kami akan sampaikan ke KPU Pusat. Kalau ini memang bukan KPU Kudus nanti kami akan sisihkan. Kami sampaikan ke KPU RI biar KPU RI yang memberikan arahan lebih lanjut,” jelas Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha saat berkunjung di KPU Kudus, Selasa (5/3/2019) sore.

Ia mengatakan, sejauh ini soal surat suara yang nyasar baru terjadi di Kudus. Di kota/kabupaten lain terbilang aman. Artinya belum ditemukan surat suara yang nyasar atau terselip ke KPU yang bukan tujuannya.

“Sejauh ini baru didapatkan di Kudus ini. Itupun jumlahnya terbilang kecil. Hanya 100 lembar surat suara,” jelasnya.

Lanjut dia, surat suara itu dikategorikan terselip. Karena jelas surat suara itu untuk DPRD Rembang Dapil 7. “Makanya untuk itu kami sisihkan. Karena jelas itu bukan surat suara untuk Kudus,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabupaten Kudus menemukan 100 lembar surat suara yang nyasar. Surat suara tersebut merupakan surat suara DPRD untuk Kabupaten Rembang.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, surat suara DPRD Kabupaten Rembang yang nyasar ke KPU Kudus diketahui saat penyortiran dan pelipatan surat suara. Awalnya, beberapa petugas yang melipat mendapati temuan tersebut. Setelah diperiksa kembali ternyata jumlahnya mencapai 100 lembar.

”Petugas sortir dan lipat memang kami instruksikan untuk mengecek secara teliti surat suara yang akan dilipat. Tak hanya kerusakan, tapi peruntukkan surat suara tersebut juga harus diteliti agar tidak ada kekeliruan,” jelasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...