Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

50 Warga Binaan Rutan Kudus di Screening TBC

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 50 orang dari 193 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan II B Kudus siang ini, (5/3/2019) melakukan screening TBC di Aula Rutan II B Kudus. Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama antara pihak Rutan Kudus dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Sosialisasi tentang penyakit Tuberkulosis juga dilakukan sebelum pengecekan.

Ke lima puluh warga binaan sendiri dipilih dari terdakwa kasus narkotika, para warga binaan yang memiliki tato, serta warga binaan yang telah lama mengidap batuk. Screening kali ini memang ditujukan hanya untuk populasi kunci. Ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit tersebut.

Kepala Rutan II B Kudus, Budi Prajitno menjelaskan jika nantinya pengecekan akan dilaksanakan secara bertahap. Hanya, pengecekan kali ini diprioritaskan untuk populasi kunci atau gampangnya warga binaan yang pernah bersinggungan langsung dengan perantara penyakit tersebut. Seperti jarum suntik, jarum tato, serta narkotika.

“Kali ini kami diberi jatah pemeriksaan sebanyak 50 orang, kita maksimalkan kuota tersebut,” ucapnya pada MuriaNewsCom.

Pengecekan juga dilakukan kepada para pengunjung atau keluarga warga binaan yang ingin mengetahui keadaan kesehatannya. Pemeriksaan bersifat sukarela dari para pengunjung dan tidak ada paksaan.

Seluruh warga rutan berfoto bersama setelah melakukan pengecekan (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

“Ini merupakan bentuk pelayanan publik dari kami, untuk masyarakat dan juga warga binaan,” ucap Budi.

Dengan adanya pengecekan ini pihaknya mengharapkan supaya deteksi dini bisa mencegah penyakit tersebut mewabah di dalam Rutan IIB Kudus. Pihaknya juga akan terus mengawasi serta menjamin pola hidup sehat di lingkungan rutan guna mencegah warga binaannya terkena penyakit. Mulai dari makanan, hingga kebersihan lingkungan.

“Hari ini, hasilnya semua negatif, para warga binaan di populasi utama aman dari penyakit tersebut,” tandas Budi.

Terkait hal tersebut, Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan Kudus, Eko Budihartanto menjelaskan jika dalam pemeriksaan, pernah ditemukan satu kasus warga binaannyan yang positif terkena TBC. Kemudian yang bersangkutan dipindahkan ke sel khusus untuk mencegah penularan.

“Selanjutnya kami pindahkan ke Lapas yang mempunyai tenaga medis yang mumpuni, kejadiannya sudah cukup lama,” ucapnya.

Untuk tindak lanjut kegiatan, pihaknya secara berkala akan tetap melaksanakan pengecekan. Serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila suatu saat ditemukan warga binaan yang positif terkena TBC.

“Supaya nanti saat bebas tidak menularkannya ke masyarakat luas,” tandas Eko.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...