Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Buwas: Generasi Z Harus Cerdas Dalam Bertani

0 124

 

MuriaNewsCom, Pati – Perkembangan zaman, memang menuntut bangsa untuk semakin maju dan produktif. Munculnya generasi Z, harus mampu menghadirkan produk pertanian yang maju dan berkualitas tinggi.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso saat meresmikan gudang Bulog baru di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Pati, Senin (4/3/2019). Menurutnya, generasi Z adalah di atas dari generasi milenial, yakni generasi yang harus disiapkan untuk menata masa depan bangsa yang lebih baik. Generasi yang tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi informasi dan globalisasi.

“Generasi Z inilah yang perlu dipacu untuk menciptakan teknologi pertanian yang mapan. Sehingga, produk pertanian mempunyai kualitasnyang mumpuni,” imbuhnya.

Dirinya juga mengkhawatirkan adanya generasi muda yang mulai menjauhi pola pertanian. Terlebih, saat ini sudah banyak produk instan yang bisa menyeret masyarakat untuk lebih menjadi masyarakat konsumtif, bukan produktif.

“Ini kekhawatiran kita bersama. Kita bisa melihat banyaknya pangan lokal yang mulai hilang, munculnya barang-barang impor sehingga produk lokal tidak begitu diperhatikan,” terangnya.

Dia menegaskan, apabila generasi Z ini justru terbuai dengan produk-produk impor, tidak memunculkan inovasi pertanian dan hanya menjadi generasi konsumtif, tidak menutup kemungkinan produk pangan di Indonesia akan terus berkurang.

“Ditambah, saat ini lahan pertanian sudah mulai berkurang. Sawah sudah dipadati dengan perusahaan dan pemukiman penduduk,” tegasnya.

Dirinya berharap generasi Z mampu mengubah tatanan yang kunsumtif ini menjadi lebih produktif.

 

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.