Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Buwas Resmikan Gudang Bulog di Pati

0 272

MuriaNewsCom, Pati – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) meresmikan gudang bulog di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo, Par, Senin (4/3/2019). Peresmian itu sekaligus untuk menambah kapasistas penyimpanan gabah di wilayah Pati.

Buwas mengatakan, keberadaan gudang baru tersebut sejalan dengan komitmen Bulog untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Hal ini dipertegas dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 48 Tahun 2016 tentang penugasan kepada Perum Bulog dalam rangka ketahanan pangan nasional.

“Gudang baru ini telah mempertimbangkan aspek strategis dan ekonomis. Lokasi kompleks gudang yang dekat dengan persawahan petani serta akses jalan, membuatnya makin mudah dijangkau oleh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, penambahan gudang baru ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi pangan. Hal tersebut sekaligus sebagai langkah antisipasi, mengingat wilayah Pati merupakan pusat produksi beras terbesar di antara kabupaten yang berada di sekelilingnya.

“Gudang baru ini juga sejalan dengan komitmen, di mana untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga pangan pada tingkat konsumen serta produsen. Tentunya hal itu harus dilengkapi dengan ketersediaan maupun pengembangan infrastruktur pascapanen, terutama padi, jagung dan kedeli (pajale),” imbuh Buwas.

Dijelaskan pula, Pati merupakan pusat produksi beras paling luas dibandingkan kabupaten lain. Dengan begitu, saat musim panen gudang yang baru ini dapat dimanfaatkan untuk menampung serapan beras secara maksimal.

Diketahui, gudang Bulog di Desa Bumirejo, Kecamatan Margorejo merupakan perluasan dari gudang sebelumnya yang menempati area 1,5 hektare dengan kapasitas mencapai 5.500 ton. Dalam area tersebut juga terdapat unit pengolahan kantor gudang, laboratorium pemeriksaan kualitas, dan sarana prasarana umum lainnya. Dalam pembangunannya, gudang tersebut menelan biaya sebanyak Rp 4,9 miliar.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.