Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Kudus Kaji Pembongkaran Jembatan Tanggulangin Dua

0 226

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus akan mengkaji pembongkaran Jembatan Tanggulangin Dua yang selama ini digunakan untuk jalur Demak menuju Kudus. Beberapa pertimbangan akan terus dikaji di antaranya jika masih bermanfaat maka akan coba dipertahankan.

Sedangkan jika sudah tak layak karena dampak pembangunan Jembatan Tanggulangin Tiga, maka akan segera dilakukan pembongkaran.

Pembongkaran sendiri akan dilaksanakan setelah jembatan baru (Tanggulangin Tiga) selesai pembangunannya dan sudah dioperasikan.

“Tanggulangin Tiga selesainya kemungkinan April, jadi pembongkaran mungkin setelah itu, tapi akan kita kaji kembali,” ucapnya.

Jembatan Tanggulangin Dua bisa dikatakan bermanfaat untuk mengurai kemacetan jika masih dibuka. Mengingat arus yang berasal dari Demak menuju Kudus bisa dikatakan cukup padat.

Apalagi, konstruksi jembatan yang menggunakan beton konvensional dianggap langka dan unik. Rangka beton konvensional merupakan ciri konstruksi pembangunan saat itu.

Jembatan Tanggulangin Dua yang rencananya akan dibongkar saat jembatan Tanggulangin Tiga selesai dikerjakan (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

“Jembatan tersebut umurnya sudah lima puluh tahun lebih, tapi masih kokoh. Pokoknya kita kaji dulu butuh dibongkar atau tidak,” jelasnya.

Terkait pengkajian kembali terhadap pembongkaran jembatan, Pemkab Kudus berencana mengirimkan surat ke pemerintah pusat agar jembatan tersebut tidak dibongkar dalam waktu dekat. Beberapa faktor dipertimbangkan dalam hal tersebut. Seperti bangunan bisa dikatakan cagar budaya karena berumur 50 tahun lebih.

“Kami lakukan kajian terlebih dahulu, sebelum memutuskan mengirim surat atau tidak,” jelasnya.

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar Tiga, Alik Mustaqim, menyatakan kontrak pembangunan Jembatan Tanggulangin C sudah termasuk pembongkaran Jembatan Tanggulangin Dua.

“Kontraknya tertera seperti itu,” ucapnya.

Pihaknya menyarankan, bila Pemkab menginginkan, dapat mengirim surat ke sejumlah instansi mulai dari BBWS Pemali Juwana, Balai Besar Jalan dan Jembatan hingga ke Kementrian terkair pembongkaran Jembatan Tanggulangin Dua yang  baru dilakukan Maret-April 2019.

“Usulan dapat disampaikan sebelum pembongkaran,” ujarnya.

Seperti diketahui, di atas Sungai Wulan, perbatasan Kudus-Demak, saat ini terdapat dua jembatan sudah digunakan dan satu yang masih proses pembangunan. Paling timur, terdapat Jembatan Tanggulangin Satu (arah Kudus-Demak), Jembatan Tanggulangin Dua dan paling barat Jembatan Tanggulangin Tiga, yang saat sekarang masih tahap pengerjaan.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.