Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Petugas Kebersihan di Kudus Diangkat Jadi Pegawai Kontrak

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan tenaga kebersihan yang berstatus tenaga outsourcing kini diangkat menjadi tenaga kontrak. Pengangkatan mereka sebagai tenaga kontrak memang sempat beberapa kali disinggung Bupati Kudus, HM Tamzil saat Kota Kretek meraih piala Adipura beberapa waktu lalu.

Dikatakan Tamzil, pengangkatan adalah sebagai bentuk apresiasi Pemkab Kudus terhadap kinerja para petugas kebersihan. Selain kinerja yang baik, totalitas petugas kebersihan yang saat ini bekerja di bawah Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) juga jadi pertimbangan pengangkatan.

”Ini sebagai hadiah, saya harap ini bisa menjadikan petugas kebersihan semakin sejahtera,” kata Tamzil.

Penandatanganan kontrak, dilakukan puluhan tenaga kebersihan di halaman Pendopo Kabupaten. Pada kesempatan tersebut mereka datang untuk melakukan perekaman daftar hadir dengan sistem finger print.

Antrean memang terlihat mengular, tapi rapi di depan pos induk Satpol PP. Dengan bantuan dua orang petugas dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), satu per satu dari mereka melakukan perekaman absen digital tersebut.

Raut muka girang terpasang di wajah mereka sekalipun harus berjubel mengantri perekaman. Mereka merasa senang dengan status barunya sebagai pegawai kontrak.

”Alhamdulillah, kami berterimakasih kepada Pemkab Kudus,” kata Rudi Purnomo, 23, salah satu petugas kebersihan.

Dengan status barunya ini, mereka berjanji akan lebih giat dan semangat dalam menjalankan tugasnya. Dikatakan mereka, menjaga kebersihan sudah menjadi tugas dan tanggungjawab yang harus dilakukan. Selain karena pekerjaan, juga menjadi tanggungjawab sebagai warga Kudus.

”Kalau terlihat bersih, kami juga senang,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PKPLH Agung Karyanto membenarkan jika kemarin pihaknya bersama dengan BKPP Kudus melaksanakan agenda perekaman absensi bagi tenaga kebersihan. Hanya, soal tindak lanjut pihaknya belum bisa mengkonfirmasi.

”Iya, kami minta mereka untuk rekam data,” katanya singkat.

Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri telah  mendapat beragam penghargaan di bidang pengelolaan lingkungan. Diantaranya Adipura, Adiwiyata, dan Program Kampung Iklim (Proklim). Sebanyak 10 SMP dan 6 SD menerima penghargaan Adiwiyata kategori Mandiri, Nasional dan Provinsi. Sementara untuk Proklim, berhasil diraih Desa Lau yang menerapkan inovasi pengurangan efek rumah kaca.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...