Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dana Bantuan Operasional Kesehatan di Jepara Banyak Tak Terserap, Ini Penyebabnya

MuriaNewsCom, Jepara – Kalangan DPRD Jepara menyayangkan adanya bantuan operasional kesehatan (BOK) dari pemerintah pusat ke Kabupaten Jepara yang terserap maksimal.

Ketua DPRD Jepara, Junarso, menyebut tak terserapnya dana BOK secara maksimal itu salah satunya, karena minimnya personel di masing-masing Puskesmas.

“Kami mendorong Pemkab Jepara bisa mengotimalkan anggaran untuk penyuluhan kesehatan. Ini dibutuhkan agar benar-benar mampu mengubah pola pikir masyarakat menuju budaya hidup sehat,” katanya, Jumat (1/3/2019).

Ia juga menegaskan, agar pemkab melakukan pemerataan jumlah tenaga, beban kerja, serta sarana dan prasaranan kesehatan di Kabupaten Jepara.Pihaknya meminta agar Dinas Kesehatan (Dinkes) membuat laporan terkait sebaran tersebut pada kondisi terkini.

Sejauh ini, Junarso melihat ada indikasi ketimpangan beban kerja, sarana prasarana, hingga jumlah pegawai antara Puskesmas yang satu dengan yang lain. Pihaknya berharap laporan tersebut bisa segera disampaikan kepada pihaknya.

“Saya minta dalam sepekan penyusunan laporan selesai. Setiap pengambilan kebijakan tidak boleh lepas dari regulasi standar layanan minimal. Standar ini harus dipenuhi terlebih dahulu. Jangankan pimpinan Puskesmas, bupati sekalipun tak boleh mengesampingkan standar minimal ini. Harus dipenuhi dahulu,” ujarnya.

Pemerataan pelayanan kesehatan, menurut Junarso juga harus bisa diwujudkan. Karena itu, data mengenai situasi dan kondisi terkini juga harus diketahui.

Pegangan data akan menjadi penting sebagai dasar pengambilan kebijakan termasuk dalam pengalokasian anggaran. Sehingga akan bisa dianalisas mana yang  harus diprioritaskan untuk dipenuhi lebih dulu.

Pentingnya optimalisasi pelayanan promotif atau penyuluhan untuk meningkatkan budaya hidup sehat di Jepara, juga harus ditekankan. Hal ini agar bisa mengurangi beban pelayanan kuratif yang harus dilakukan.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...