Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemuda Pati Diminta Lestarikan Budaya Daerah

0 101

 

MuriaNewsCom, Pati – Melestarikan budaya lokal adalah bagian penting untuk menjaga warisan Nusantara. Apalagi di tengah globalisasi yang memaksa masyarakat untuk mengikuti perubahan yang ada.

Hal itu dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) GKR Ayu Koes Indriyah saat melaksakana sosialisasi empat pilar kebangsaan di Pati, Kamis (28/2/2019) malam. Dirinya menilai, saat ini sudah banyak kalangan muda yang mulai melupakan budaya sendiri. Padahal, budaya merupakan akar dari kebangsaan.

“Melestarikan budaya lokal yang terbingkai dalam Bhineka Tunggal Ikha, merupakan kewajiban seluruh elemen bangsa. Karena, banyaknya budaya asing yang tidak terbendung masuk ke Indonesia sangat berpengaruh terhadap kehidupan generasi muda sebagai penerus bangsa,” katanya.

Dia juga menegaskan bahwa tidak hanya NKRI yang harga mati, tetapi Bhineka Tunggal Ika juga harga mati. Sebab dengan menjaga Bhineka Tunggal Ika sama halnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“kita sebagai orang tua harus mampu memberikan contoh yang baik dalam melakukan tutur maupun prilaku, kita pahamkan makna kebhinekaan kepada anak-anak kita, beragam suku, budaya dan bahasa adalah kekayaan bangsa yang harus dilestarikan,” ujarnya.

Ayu juga berpesan, dalam Pemilu nanti, dia berharap agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani. Pilihlah pemimpin yang amanah dan dapat dipercaya. Jangan mudah terpengaruh dengan berita bohong atau hoaks.

“Saya tidak ingin berpikir pemimpin bangsa adalah milik orang Indonesia, bukan milik orang tertentu, bukan juga milik orang partai, pemimpin adalah milik Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.