Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gambar Caleg di Angkot Pati Dipreteli Bawaslu

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati menertibkan poster gambar calon legislatif (caleg) yang ditempel di kaca belakang angkutan umum atau mobil branding, Rabu (27/2/2019). Setidaknya sudah ada 9 poster yang dicopot dari angkot.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, pencopotan poster di angkutan umum itu sudah sesuai dengan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 28 Tahun 2018. Selain itu, tidak diperbolehkan alat peraga kampanye (APK) di pasang di angkutan umum.

“Penertiban ini akan terus kami lakukan, agar pelanggaran kampanye tersebut bisa dihilangkan,” katanya.

Dalam penertiban itu, dari 9 poster yang dicopot, 7 di antaranya adalah poster dengan gambar caleg DPRD dapil 1 dan 2. Sedangkan 2 lainnya adalah poster caleg DPR RI.

“Penertiban itu kami lakukan mulai dari terminal angkutan Pasar Puri, tempat pemberhentian angkot, yakni di depan SMPN 5 Pati,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyisiran di wilayah GOR Pesantenan. Rencananya, besok Bawaslu juga akan melakukan penyisiran ulang.

“Untuk angkot yang ada poster caleg itu kebanyakan mengambil trayek Pati-Tlogowungu dan Pati-Gembong,” urainya.

Ia menyatakan, akan lebih intens untuk melakukan penertiban mobil branding ini. Mengingat, hal itu sudah melanggar aturan. Apalagi, pihaknya juga sudah mendapatkan surat Bawaslu Nomor 1990/K Bawaslu/ PM/00/XI/2018.

“Isinya, dilarang memasang stiker atau branding yang memuat citra diri, identitas, ciri-ciri khusus atau karakteristik peserta pemilu pada kendaraan transportasi umum dan milik pemeintah,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...