Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lulus Ujian, 6 Penyandang Disabilitas di Grobogan Dapat SIM D

MuriaNewsCom, Grobogan – Perasaan senang dirasakan enam penyandang disabilitas di Grobogan. Hal ini terjadi karena mereka dinyatakan lulus ujian dan akhirnya bisa mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) D.

Jumlah penyandang disabilitas yang mengajukan permohonan SIM D di Satlantas Polres Grobogan ada 29 orang. Dari jumlah ini, hanya enam orang yang berhasil lulus. Sedangkan 23 orang lainnya masih ada kesempatan mengajukan permohonan lagi bulan depan.

“Alhamdulillah, saya akhirnya bisa memiliki SIM D. Setelah memiliki SIM D, saya bisa tenang saya berkendara di jalan raya,” kata Sunar, salah satu penyandang disabilitas yang berhasil mendapatkan SIM D.

Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan Iptu Affandi mengungkapkan, proses kepengurusan SIM bagi kaum difabel tersebut tidak jauh berbeda dengan pemohon lainnya. Mereka juga harus menjalani uji kesehatan, praktik, dan ujian tertulis.

Selain itu, pihaknya juga mengandeng Dinas Perhubungan Grobogan untuk menguji kelayakan kendaraan yang digunakan. Hal itu diperlukan karena kendaraan yang dipakai kebanyakan telah dimodifikasi untuk memudahkan penyandang disabilitas dalam mengendarai.

Affandi menambahkan, pelayanan pengurusan SIM D ini dilaksanakan setiap hari di kantor Satpas SIM Satlantas Polres Grobogan. Untuk memudahkan dalam mengurus SIM D ini, pihaknya juga menggandeng dua komunitas difabel yang ada di Kabupaten Grobogan.

Pihaknya tidak ingin ada anggapan diskriminatif kepada kaum disabilitas dalam pelayanan SIM ini. Karena itu, ia berkomitmen melayani siapapun yang ingin mengurus SIM tersebut asalkan syaratnya dapat terpenuhi.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...