MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sutrisman Jabat Kakanwil Kemenkumham Jateng, Nusakambangan Jadi Tantangan Besar

0 142

MuriaNewsCom, Semarang – Sutrisman dilantik sebagai Kapala Kanwil Kemenkumham Jateng menggantikan Dewa Putu Gede, yang pindah tugas sebagai Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara. Proses serah terima jabatan (setijab) dilakukan di Aula Kanwil Kemenkuham Jateng, Rabu (27/2/2019).

Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto yang memimpin sertijab itu menyebut, tugas bidang pemasyarakatan merupakan salah satu tantangan besar yang harus dihadapi. Terlebih di Jateng ada lembaga pemasyarakatan di Nusakambangan.

Oleh karenanya, ia mengibaratkan Jateng sebagai kawah candradimuka bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lembaga hukum dan HAM. “Tugas di kantor wilayah Jawa Tengah itu memang yang paling rawan adalah tugas pemasyarakatan,” katanya.

Ia pun meminta Sutrisman siap untuk meningkatkan kualitas bidang pemasyarakatan. Terlebih, Sutrisman pernah punya pengalaman menjabat sebagai Kepala Lapas Pasir Putih di Nusakambangan.

Dewa Putu Gede juga mengatakan hal serupa. Terlebih Kawnwil Kemenkumham Jateng menaungi 68 satuan kerja. Oleh sebab itu, sinergi dengan instansi terkait lainnya perlu dijalin dengan baik.

“Itu belum termasuk dua satker yang saat ini tengah diselesaikan, yaitu High Risk Nusakambangan dan Lapas Nusakambangan. Ini pekerjaan yang tidak mudah,” ujarnya.

Sutrisman pun menyatakan siap untuk bekerja maksimal agar Kanwil Kemenkumham Jateng semakin baik ke depannya. Pengalaman tiga tahun memimpin lapas dengan keamanan super maksimum akan menjadi bekal.

“Saya pernah menjadi kepala Lapas atau sering disebut Super Maximum Security Nusakambangan hampir tiga tahun. Titik-titik rawan seperti di Nusakambangan itu ada super maximum, maximum security, medium dan minimum karena di sana adalah high risk warga binaan di Indonesia,” ujarnya.

Sutrisman memastikan, akan terus mendukung Kemenkumham dalam mengatasi persoalan keamanan di wilayah ini, khususnya di Nusakambangan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen yang hadir dalam sertijab itu juga menyebut, Jateng menjadi kawah candradimuka karena tak sedikit pejabat lulusan Jateng yang mendapatkan promosi atas prestasinya menangani berbagai persoalan hukum dan HAM dengan cara normatif, namun tetap bijak.

“Saya berharap, ada terobosan dan inovasi yang dilakukan Kanwil Kumham Jateng yang baru. Utamanya menyangkut pelayanan publik, keimigrasian, pemasyarakatan dan institusi peradilan, dan lainnya. Semua butuh perhatian dan penanganan serius semua pihak,” harapnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.