Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

DPRD Pati Sayangkan Mudahnya Proses Perizinan Perusahaan Garam Impor 

0 279

MuriaNewsCom, Pati – Ketua DPRD Pati Ali Badruddin sempat meninggikan suara dengan pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati saat audiensi terkait perizinan CV Anugrah Sinar Laut (ASL) di kantor dewan setempat, Selasa (26/2/2019).

Dirinya menyayangkan mudahnya perusahaan tersebut bercokol di Pati, padahal sangat merugikan masyarakat. Seperti diketahui CV ASL merupakan perusahaan garam impor di Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana, Pati.

“Permasalahan yang muncul muaranya memang dari perizinan. Selalu pihak perizinan ini memberikan kemudahan,” katanya.

Padahal, lanjut Ali, dalam pemberian perizinan itu harus melakukan kajian dan analisis terlebih dahulu. Ia pun mempertanyakan, jika CV ASL ini ternyata banyak merugikan masyarakat, kenapa harus diberikan Izin.

“Ada apa di balik perizinan ini sebenarnya?. Perizinan jangan serta merta memberikan stempel. Kalau sudah seperti ini, masyarakat yang kasihan,” ujarnya.

Baca : DPRD Pati Minta Izin Perusahaan Garam Impor Dicabut

Menurutnya, hal semacam ini tidak hanya sekali saja terjadi, tetapi sudah berkali-kali terulang. Dirinya mencontohkan adanya perizinan pasar modern, meskipun kuotanya sudah ditutup, tetapi ternyata banyak juga yang membuat toko modern.

“Kalau hal semacam ini dilakukan terus menerus, kasihan warga yang terdampak lah,” terangnya.

Lebih dari itu, menurut dia, pihak DLH seharusnya juga memperhatikan lokasi pendirian perusahaan garam impor itu. Apalagi pihak desa sejak awal sudah tidak mengizinkan adanya perusahaan tersebut.

“Jangan hanya memberikan izin, tetapi juga harus dilakukan pengecekan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.