Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemacetan Tanggulangin Diprediksi Sampai Akhir Maret

0 343

MuriaNewsCom, Kudus – Pembangunan Jembatan Tanggulangin Tiga dipastikan akan menimbulkan potensi kemacetan di akses Jalan Pantura Timur Kudus-Demak. Kemacetan diperkirakan akan berlangsung sampai Maret mendatang. Pasalnya, pemasangan main girder untuk rangka jembatan masih berlangsung hingga akhir bulan tersebut.

Pengangkutan dan pemasangan baja main girder untuk rangka memang membuat arus lalu lintas dari arah Demak ke Kudus harus dihentikan beberapa saat. Kondisi tersebut tentunya membuat kendaraan antre untuk melintasi jembatan.

Panjang antrean biasanya tergantung dari lamanya penyelesaian pengangkutan baja main girder tersebut. Saat ini sendiri, contraflow tengah diberlakukan untuk memecah kemacetan.

Teddy Hermawan, selaku tim Humas PT. Duta Mas Indah kontraktor pembangun Jembatan Tanggulangin Tiga mengatakan, keadaan ini memang tak dapat dihindari. Dikatakan Tedy, kemacetan adalah bonus dari pembangunan yang tak bisa dihindarkan.

“Pasti, selalu ada kemacetan kalau pembangunan di pinggir jalan,” ucapnya.

Hanya terkait itu, pihaknya telah berupaya untuk  mengkiordinasikan dengan Polres Demak dan Polres Kudus. Instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dilakukan untuk meminimalkan potensi gangguan terutama kemacetan.

“Kita upayakan pemecahan masalah ini,” jelasnya.

Sejumlah kendaraan yang melintas di Jembatan Tanggulangin Kudus terpaksa mengurangi kecepatan karena jalanan yang padat merayap. (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Hingga sekarang, proses pemasangan main girder sendiri sudah mencapai 80 persen. Besok, main girder kedelapan pada line satu akan terpasang sempurna. Sebelum akhir Maret, dua line main girder dimungkinkan akan tuntas. Jembatan Tanggulangin Tiga sendiri diyakini mampu bertahan hingga seratus tahun mendatang.

“Kalau dilihat dari desainnya seperti itu,” tandasnya.

Terpisah, Kapolres Kudus AKBP Saptono mengatakan, jika  saat proses pengangkutan baja main girder pihaknya akan menyiapkan personel di lokasi. Personel disiagakan di wilayah Kabupaten Kudus yang berbatasan dengan Kabupaten Demak.

“Kami siapkan personel di lapangan,” jelasnya.

Hanya memang, pihaknya tidak dapat menyiagakan personelnya selama 24 jam penuh di lokasi pembangunan. Ketika terjadi ketersendatan yang parah dari dampak pengangkutan baja  main girder, baru diterjunkan.

“Kita sudah melakukan antisipasi tersebut,” ujarnya.

Sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) 21 Desember 2017, pekerjaan pembangunan jembatan Kolonel Sunandar C direncanakan berlangsung selama 540 hari hingga Juni 2019.

Jembatan Kolonel Sunandar Tiga dibangun untuk menggantikan jembatan lama tanpa rangka Sunandar Satu penghubung arus lalulintas dari arah Semarang ke Kudus. Sedang dari Kudus ke Semarang terdapat satu jembatan rangka di sisi timur.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.