Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BBWS Pemali Juwana Siapkan Rp 10 Miliar untuk Proyek Kali Gelis

0 304

MuriaNewsCom, Kudus – Rencana Pembuatan River Tourism Kali Gelis yang digagas Bupati Kudus HM Tamzil mendapat angin segar dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana. Pasalnya proyek besar tersebut akan diberi suntikan dana awal sebesar Rp 10 miliar

Dana tersebut akan digunakan untuk penataan awal dan pembangunan infrastruktur dasar berupa tanggul di Kali Gelis. Rencana awal pembangunan akan dipusatkan di sepanjang Jembatan Sunan Kudus sampai Jembatan Mayor Basuno.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Tamzil setelah rapat koordinasi ditutup. Pihaknya pun menyambut baik suntikan dana tersebut sebagai langkah awal.

“Segitu dulu tidak apa-apa, kita jalan pelan-pelan,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya akan segera mengupayakan penataan pemukiman di bantaran Kali Gelis yang akan dibangun. Ia pun memastikan, prinsip membangun tanpa menggusur akan diterapkannya pada pembangunan kali ini.

“Kalau bisa ya kita berlakukan prinsip itu (pembangunan tanpa penggusuran),” jelasnya.

Kondisi bantaran Kali Gelis di Desa Singocandi yang mulai tampak dipadati bangunan-bangunan permanen (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Untuk kiblat pembangunan, Tamzil mengacu pada desain pembangunan Kali Code. Dikatakan Tamzil, desain tersebut akan cocok dengan pembangunan yang ada di bantaran Kali Gelis.

“Kita pegang 3M, madep (menghadap) Kali Gelis, mundur menjauhi Kali Gelis, dan Munggah (naik) dari Kali Gelis. Kalau membangun ya naik jangan nyamping, dan yang jelas jaraknya 8 meter dari bantaran,” jelasnya.

Disinggung soal akan adanya beberapa warga yang dimungkinkan membandel, Tamzil mengatakan untuk sementara pihaknya akan mengikuti keinginan mereka terlebih dahulu. Pendekatan secara perlahan juga akan dilakukannya.

“Yang jelas kita sistemnya penataan, Camat Kota sudah kami minta untuk mendata,” ucap Tamzil menegaskan.

Sementara itu, Camat Kota Catur Widiyatno mengaku, siap untuk melakukan pendataan terkait warganya yang bermukim di kawasan bantaran Kali Gelis. Pihaknya pun akan melakukan upaya sosialisasi terlebih dahulu sebelum melakukan penataan.

“Kita dekati pelan-pelan,” tandas Catur.

Terpisah Rp 10 miliar untuk Kali Gelis, Dikatakan Kepala Bidang Jaringan Sumber Daya Air, Dwi Cahyo Handono sebagai bentuk lanjutan surat Bupati Kudus terkait normalisasi Kali Gelis. Pihaknya menganggap normalisasi Kali Gelis perlu dilakukan secepatnya.

“Ini permintaan khusus dari pak bupati karna urgent, jadi kita dahulukan,” ucapnya.

Selain pembangunan infrastruktur berupa tanggul untuk tahap pertama normalisasi Kali Gelis, pembangunan juga akan dilakukan di Tanjung Karang untuk pembangunan embung pencegah banjir selebar delapan hektare.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.