Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Surat Suara Pilpres di KPU Pati Mulai Dilipat 

MuriaNewsCom, Pati – Penyortiran dan pelipatan surat suara calon presiden dan wakil presidan di Kabupaten Pati, mulai dilakukan hari ini (25/2/2019). Rencananya, dalam waktu lima hari ke depan, surat suara sudah selesai dilipat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati Imbang Setiawan mengatakan, untuk jumlah surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan ada sebanyak 1.055.487 lembar. Agar pelipatan lebih cepat, pihaknya juga melibatkan 65 pekerja dengan sistem borongan.

“Perencanaan kami, sortir dan pelipatan surat pilpres selama 5 hingga 7 hari, dengan asumsi penghitungan setiap pekerja mampu melakukan sortir dan lipat 2.500  sampai dengn 3.000 lembar surat suara,” katanya.

Dirinya melanjutkan, tugas pertama para pekerja ialah menyortir surat suara antara surat suara yang cacat dan yang tidak cacat. Kecacatan surat suara dapat dilihat dari kebersihan surat suara dan ada atau tidaknya lubang di surat suara.

“Kalau dia memenuhi syarat ya kita mulai tahap ketiga adalah dilipat. Setelah dilipat semuanya baru nanti di-packing, lalu diikat,” ujarnya.

Sementara untuk surat suara pemilihan legislatif, sampai saat ini surat suara belum datang. Namun, dipastikan usia penyortiran surat suara pilpres ini, surat suara yang lainnya akan berangsur datang, terutama yang dari KPU Pusat maupun Provinsi.

“Yang jelas, untuk pelipatan surat suara pileg ini membutuhkan waktu ekstra. Sebab, desain surat suara tergolong lebih lebar dari pada surat suara pilpres,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar para pekerja yang melakukan penyortiran maupun pelipatan, bisa lebih teliti. Apabila ada surat suara yang rusak, atau cacat produksi, bisa dikumpulkan dengan surat suara yang tidak layak.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...