Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemerintah Diminta Lebih Perhatikan Pelaku Ekonomi Kreatif di Pati

0 147

 

MuriaNewsCom, Pati – Peranan ekonomi kreatif di Kabupaten Pati yang saat ini tengah menggeliat, harus didukung penuh oleh pemerintah. Mengingat, melalui ekonomi kreatif itulah masyarakat bisa lebih sejahtera dan dapat mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan.

Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto mengatakan, perkembangan ekonomi kreatif ini patut didukung semua eleman. Dalam hal ini, pihaknya juga berupaya untuk mendorong pemerintah untuk memberikan fasilitas maupun permodalan.

“Akses permodalan selama ini memang menjadi permasalahan yang tak berkesudahan. Padahal, selain bank, ada banyak sumber dana lainnya yang bisa digunakan untuk permodalan,” katanya saat menghadiri acara Bekraf Venture di Pati, Senin (25/2/2019).

Lebih lanjut, sumber permodalan dari investor dan nonperbankan lainnya dapat menjadi alternatif permodalan untuk keperluan pengembangan bisnis. Hanya, terkadang pelaku ekonomi kreatif belum mengetahui akses permodalan tersebut.

“Dengan sosialisasi ini, setidaknya nanti para pelaku ekonomi kreatif dapat mengetahui akses permodalan non perbankan. Sehingga, mereka bisa lebih bergerak cepat,” imbuhnya.

Selain itu, peran pemerintah untuk membantu pelaku ekonomi kreatif juga sangat penting. Bahkan kalau perlu ada regulasi yang secara khusus mengatur akses permodalan nonperbankan tersebut.

“Misalnya, hal ini bisa melalui Intruksi Presiden (Inpres) maupun Keputusan Presiden (Keppres). Ini bisa saja terjadi, apalagi pelaku ekonomi kreatif ini secara langsung juga berhubungan dengan kepresidenan,” terangnya.

Dirinya juga menegaskan, bisa jadi pelaku usaha ekonomi kreatif ini menjadi soko guru dari perekonomian di Indonesia. Apalagi produk yanh dihasilkan juga sudah mewarnai pasal nasional maupun internasional.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.