Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Pungli, Pelayan di Polres Kudus Diawasi Propam

0 264

MuriaNewsCom, Kudus – Kapolres Kudus AKBP Saptono, memerintahkan jajaran Propam Polres Kudus untuk mengawasi segenap bentuk pelayanan yang ada di Mapolres Kudus, Polda Jawa Tengah. Hal ini merupakan instruksi langsung dari Kapolri Jendral Tito Karnavian terkait pembersihan pungli di lingkungan kerja.

Selain itu, penjagaan Propam di setiap bentuk pelayanan juga merupakan wujud komitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah bersih bebas melayani (WBBM) di lingkungan Polres Kudus.

“Ini adalah langkah kami mewujudkan hal tersebut,” ucap Saptono.

Untuk tempat penempatan, Saptono menjelaskan jika para propam sudah ditempatkan di beberapa titik pelayanan publik. Di antaranya pada tempat  pelayanan SKCK, SATPAS, SPK dan penerbitan STNK dan BPKB di Kantor Samsat.

“Kami tempatkan di tempat-tempat pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Tak hanya menerjunkan Propam untuk mengawasi pelayanan, dikatakan Saptono, pihaknya siap menerima seluruh aduan masyarakat jika ada anggotanya yang membandel dan melakukan tindak pungutan liar. Kejanggalan dan kekeliruan yang dirasa fatal saat pelayanan juga bisa diadukan oleh masyarakat kepada pihaknya.

Kepada masyarakat, pihaknya menghimbau agar tidak usah ragu saat melaporkan. Ia menambahkan, masyarakat tidak perlu takut. Jika ditemukan pungli, langsung laporkan.

“Silahkan adukan jika ditemukan kejanggalan,” terangnya

Saptono menjamin, laporan akan segera ditindak lanjuti oleh pihaknya. Jika terbukti, maka yang bersangkutan akan ditindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku di lingkungan kepolisian.

Dengan adanya pengawasan ini diharapakan tidak ada lagi parktik pungli maupun percaloan baik dari anggota sendiri maupun asyarakat.

“Semoga praktek pungli bisa dihentikan,” harapnya.

Kegiatan dalam rangka  pencegahan pungli dengan cara menempatkan Propam ditempat pelayanan publik ini sendiri dikatakan Saptono sudah berlangsung jauh hari dari sebelum adanya intruksi dari Kapolri.

“Saya perintahkan kepada Propam setiap hari untuk mengawasi di setiap sentra pelayanan publik,” tegas Saptono

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.