Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Artis Raeshard Jajal Operasikan Mesin Potong Padi di Demak

0 333

MuriaNewsCom, Demak – Artis ibu kota yang juga duta komunitas Sahabat Lestari, Raeshard Octaviansha menyambangi para petani di Kedunguter, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Demak. Di desa ini Sahabat Lestari berdialog dan mendengar aspirasi dari para petani.

Bahkan ia juga mencoba mengoperasikan mesin pemotong padi. Kebetulan saat ini di beberapa daerah di Kabupaten Demak yang mulai memasuki masa panen.

Ia cukup kagum saat mengoperasikan mesin itu. Pasalnya dengan sekali jalan, mesin itu bisa langsung sekaligus memotong padi, dan menjadikannya bulir-bulir gabah.

Sehingga sangat menghemat waktu dan tenaga ketimbang memanen menggunakan cara dan alat tradisional.

”Petani memang membutuhkan teknologi seperti ini. Supaya produktivitas dan hasil pertaniannya bisa lebih maksimal,” katanya.

Ia menyebut, masa panen padi di desa ini dilakukan mulai bulan Desember hingga Februari lalu pada bulan Maret hingga Juli.

Selain itu ia juga menyoroti pentingnya infrastruktur pertanian. Lantaran jalan untuk akses ke sawah belum teraspal sepenunhnya.

“Sehingga membuat kendaraan pengangkut hasil pertanian hanya bisa mengangkut terbatas, tak bisa maksimal,” ujarnya.

Di desa ini luas lahan sawah yang ada sekitar 40 hektare dan ada enam kelompok tani. Namun para petani di desa itu menyayangkan kurang maksimalnya hasil panen kali ini.

”Ini disebabkan oleh hama. Jadi hasilnya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya,” kata Ragil salah satu warga.

Ia juga mengaku dengan mein pemotong padi itu sangat efektif. Setiap bahu bisa memanen gabah sekitar 4-5 ton dalam waktu yang cukup singkat.

Editor : Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.