Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Selalu Diterjang Banjir, Lapas Pekalongan Dipindah ke Lereng Gunung Slamet

0 173

MuriaNewsCom, Semarang – Lapas Kelas II A Pekalongan tiap tahun selalu diterjang banjir. Bahkan pada awal tahun 2019 lalu, banjir yang mengepung penjara ini cukup besar, sehingga napi di dalamnya harus diungsikan.

Ratusan napi dari berbagai kasus harus dipindahkan sementara ke sejumlah lapas terdekat. Kini lapas itu dalam kondisi kosong, karena masih proses pembenahan setelah diterjang banjir bandang Januari 2019 lalu.

Pemerintah juga merencanakan untuk memindah lapas ini. Lokasi yang disiapkan yakni di lereng Gunung Slamet. Tepatnya di wilayah Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Tanah tersebut merupakan lahan milik pemkab.

Hal ini dibenarkan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jawa Tengah, Heni Yuwono, kepada wartawan. Ia menyebut, proses pembangunan lapas di lereng Gunung Slamet itu akan dimulai April 2019 mendatang.

“Setelah lahan untuk relokasi lapas diserahkan pemkab, insya Allah April mendatang langsung dimulai pembangunan fisik,” katanya.

Ia menyebut, aggaran untuk pembangunan lapas ini telah disedikan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Proses pembangunan nantinya akan dilakukan secara bertahap.

Baca : Banjir Kepung Lapas Pekalongan, Ratusan Napi Diungsikan

Namun pihaknya menargetkan peletakan batu pertama harus sudah bisa dilakukan tahun ini. Agar pemasangan fondasi dapat dikerjakan secepatnya.

“Kalau sudah clear penyerahan aset lahannya, nanti baru dibangun untuk bangunan relokasi Lapas Pekalongan,” ujarnya.

Saat ini bangunan lama Lapas Pekalongan saat ini sudah dikosongi. Sebab, kondisi bangunannya sedang dibenahi oleh para petugas lapas.

“Tahanan Lapas Pekalongan sekarang sudah dititipkan ke rutan terdekat, yakni di Brebes, Semarang, Batang dan Slawi. Semua sel tahanannya sudah dikosongi,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.