MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringati HPSN, Bupati Targetkan Sampah Plastik di Kudus Berkurang 30 Persen

0 190

MuriaNewsCom, Kudus – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) digelar Kabupaten Kudus, hari ini (23/2/2019). Bertempat di Terminal Induk Jati Kudus, perayaan kali ini diikuti sekitar lima ratusan orang yang terdiri dari TNI, Polri, hingga perangkat desa.

Kegiatan tersebut diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Bupati Kudus, HM Tamzil dan dilanjutkan dengan deklarasi pengurangan sampah plastik. Caranya dengan menggunakan botol tumbler yang dibawa sendiri maupun dibagikan dinas PKPLH  di lokasi kegiatan.

Setelah itu, para peserta diajak membersihkan bahu jalan dan lingkungan sekitar di pusatkan di sekitaran Jalan Lingkar Terminal Induk Jati, Kudus.

Bupati Kudus HM Tamzil, kepada MuriaNewsCom mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik yang terus beredar di Kota Kretek. Ia pun menargetkan dalam lima tahun, sampah plastik di Kudus akan berkurang sekitar tiga puluh persen.

“Kita akan berupaya untuk mewujudkan hal tersebut,” katanya.

Karena itulah, lanjutnya, deklarasi gunakan botol tumbler digalakkan dalam kegiatan tersebut. Pihaknya juga menyarankan pemakaian gelas di kantor saat ingin mengambil air minum. Gelas dirasa mampu mengurangi sampah plastik di lingkungan perkantoran.

Para peserta mendeklarasikan gunakan botol tumbler untuk pengganti botol plastik pagi tadi (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

“Karena gelas bisa berkali-kali pakai. Kalau plastik hanya sekali pakai,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Tamzil juga menyoroti bagaimana masyarakat seharusnya bisa membudayakan tertib membuang sampah. Semua  roda penggerak pengolahan sebenarnya dirasa sudah baik olehnya. Dimulai dari pengambilan sampah rumah tangga sampai pengelolaan pun sudah berjalan baik. Tinggal bagaimana warga Kudus lebih bijaksana lagi dalam membuang sampah.

“Jangan sembarangan kalau membuang, nanti di tangkap Satpol PP, baru jera,” tegas Tamzil.

Ditemui di lokasi yang sama, Kapolres Kudus AKBP Saptono menambahkan jika sampah seharusnya bisa jadi teman yang menguntungkan, tinggal bagaimana kita memilah untuk dijadikan hal yang lebih bermanfaat dan bernilai.

“Masyarakat Kudus bisa lebih kreatif lagi dalam mengolah sampah,” ucap Saptono.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dikatakan pihaknya, jika kita bisa tertib membuang sampah maka lingkungan di Kabupaten Kudus akan semakin nyaman untuk ditinggali.

“Karena ini lingkungan kita bersama, mari kita jaga bersama juga, mengingat ada beberapa titik yang sering terkena banjir,” tandas Saptono.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.