Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Grobogan Alokasikan Dana Rp 7,5 Miliar untuk Renovasi 5 Puskesmas

MuriaNewsCom, Grobogan – Pembenahan infrastruktur kesehatan terus dilakukan Pemkab Grobogan. Pada tahun 2019 ini, Pemkab Grobogan merencanakan untuk merenovasi lima puskesmas di Kabupaten Grobogan.

Yakni Puskesmas Godong 1, Godong 2, Kradenan 1, Wirosari 1, dan Pulokulon 2. Kegiatan renovasi tersebut dianggarkan dari dana alokasi khusus (DAK) APBN sebesar Rp 7,5 miliar.

“Proyek renovasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi warga Grobogan,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kamis (21/2/2019).

Menurutnya, pada tahun 2018 lalu, ada dua Puskesmas yang direnovasi menggunakan bantuan DAK APBN. Yakni, Puskesmas Kedungjati dan Grobogan.

Kedua Puskesmas tersebut direnovasi dengan total anggaran sekitar Rp 5 miliar. Masing masing, Rp 2,3 miliar untuk Puskesmas Kedungjati, dan Rp 2,7 miliar buat Puskesmas Grobogan.

“Hari Rabu kemarin, saya sempat meresmikan hasil renovasi Puskesmas Kedungjati. Setelah direnovasi, tempatnya makin representatif,” katanya.

Selain itu, Sri menegaskan, Pemkab Grobogan juga merencanakan meningkatkan status Puskesmas Gubug. Yakni, dari puskesmas rawat inap menjadi rumah sakit tipe D yang tahap pembangunannya akan dimulai pada tahun 2019 ini.

Sebelumnya, Pemkab juga sudah membangun RSUD Ki Ageng Getas Penawa di Kecamatan Wirosari mulai tahun 2018 lalu. Ditargetkan, RSUD baru ini sudah beroperasi pada tahun 2020.

“Proyek peningkatan status Puskesmas Gubug dan Pembangunan RSUD Ki Ageng Getas Pendawa Wirosari menggunakan anggaran dari APBD,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Peningkatan dilakukan tidak hanya dalam bidang infrastruktur saja, tetapi juga kualitas petugas pelayanan kesehatan.

‘’Saat ini ada sudah ada 13 puskesmas di Kabupaten Grobogan ini yang melayani rawat inap. Kami juga terus memberi pembinaan dan pengarahan pada petugas kesehatan untuk meningkatkan integritasnya dalam memberi pelayanan,” ujar Slamet.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...