Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sampah di Bantaran Sungai Silugonggo Pati Dibersihkan

0 225

MuriaNewsCom, Pati – Personel gabungan terdiri dari tim terpadu maritim Juwana, TNI beserta Persit, Dinas Kelautan, muspika Juwana dan warga, membersihkan sampah di bantaran Sungai Silugonggo, tepatnya di Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Pati, Kamis (21/2/2019).

Acara bersih-bersih sampah di sungai itu juga dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo Pati, Saptiwi Mumpuni mengatakan, masyarakat  harus menjaga lingkungan di kawasan Sungai Silugonggo. Selain itu juga untuk menjaga sumberdaya ikan di kawasan tersebut.

Apalagi, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Sehingga, sudah sepatutnya apabila kebersihan lingkungan harus terus digalakkan.

“Kita bersihkan tananan liar, sisa tali yang sudah tidak terpakai, rumput-rumput liar agar sungainya tidak dangkal. Kalau sungai dangkal nanti kapal sulit untuk bersandar. Karena kita tahu biaya pengerukan cukup besar. Maka dari itu nanti kita biasakan hidup bersih dan sehat, “ ujarnya.

Lebih lanjut Saptiwi mengatakan, ke depan akan dialokasikan kegiatan di sekitaran pantai lain untuk dibersihkan. Pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu baru kemudian diadakan pembersihan serupa secara periodik.

“Kami akan adakan survei terlebih dahulu. Kita lihat kawasan mana yang kelihatan kotor nanti kita bersihkan bersama. Hal ini bertujuan agar lingkungan di wilayah sungai ataupun pantai menjadi lebih bersih, “ katanya.

Saptiwi juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan sungai menjadi semakin dangkal sehingga disinyalir akan membahayakan kapal dalam melaut.

“Terlebih anak buah kapal dan nelayan dalam mencari ikan. Maka kita harus menjaga agar sumber daya ikan bisa lestari,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.