Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belasan Kotak Suara Pemilu di KPU Pati Cacat Produksi

0 144

MuriaNewsCom, Pati – Belasan kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak April 2019 mendatang yang sudah datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati, dinyatakan cacat produksi. Kerusakan rata-rata karena pada sisi kardus ada yang belum distaples. Sehingga kardus tidak bisa dirangkai.

Ketua KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, kotak suara yang cacat jumlahnya ada 11 kardus. Kerusakan itu diketahui pada saat pekerja hendak merangkai kotak suara itu. Karena diketahui tak sesuai, kemudian kardus yang cacat itu dipisahkan.

“Semua kardus yang cacat produksi sudah kami pisahkan. Terkait kerusakannya, rata-rata memang belum diberikan staples pada sisi kardus,” katanya, Selasa (19/2/2019).

Nantinya, lanjut Imbang, kotak suara yang rusak akan dilaporkan ke KPU Pusat untuk kemudian dimintakan ganti. Terkait waktunya, dirinya masih menunggu perangkaian kardus selesai.

Lebih dari itu, untuk perangkaian kardus sampai saat ini masih belum selesai. Mengingat, hanya ada 25 pekerja untuk merangkai kotak suara itu.  “Lama perangkaian ini kami perkirakan membutuhkan waktu 12 hari,” ujarnya.

Selain itu, kotak suara yang sudah selesai dirangkai, juga dilakukan pengecekan terkait kekuatan kardus tersebut. Bahkan salah seorang pekerja, menaiki kotak suara itu dan ternyata dipastikan kuat menahan beban.

“Memang ini merupakan kardus, tetapi juga kuat menahan beban. Jadi, kotak tidak mudah rusak,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.