Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Apresiasi Kebudayaan Lokal, FASBuK Bakal Tampilkan Kesenian Barongan

0 259

MuriaNewsCom, Kudus – Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya. Pada bulan ini, FASBuK akan menampilkan pertunjukan seni tradisi dan diskusi  “Barongan“ di Auditorium Universitas Muria Kudus, Rabu (20/2/2019) malam.

Ketua Badan Pekerja FASBuK Arfin AM mengungkapkan, sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan lokal dan seniman tradisi di kabupaten Kudus. Panggung FASBuK akan menampilkan sebuah pertunjukan seni Barongan. Paguyuban Seni Barongan Kudus yaitu Eko Budoyo akan tampil dilawatan rutin tersebut.

“Paguyuban Eko Budoyo yang terbentuk sejak tahun 2006 memiliki anggota sekitar 25 orang,” jelasnya.

Ia mengatakan, cerita yang akan ditampilkan adalah tentang sebuah sejarah dan keeksotisan seni Barongan Kudus. Pertunjukan ini nantinya tidak melibatkan pemain dengan formasi lengkap seni barongan yang pada umumnya.

“Seperti jatilan, ledek maupun atraksi beladiri, pertunjukan ini lebih fokus pada Barongannya saja dan pesan cerita yang akan disampaikan,” terangnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, mampu menjadi media hiburan serta mengangkat kembali nilai kearifan lokal.

Ditambahkan dia, FASBuK berdiri sejak 12 Januari 2009 lalu. FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal.

Nantinya mampu menjadi asset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakat.  Sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

“Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya,” tutupnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.