Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Duh! Jembatan Ambrol di Karangampel Kudus Terbengkalai Selama 3 Tahun

MuriaNewsCom, Kudus – Kondisi Jembatan Blolo Ngati di RT 1 RW 27 , Dukuh Nganti, Desa Karangampel, Kaliwungu, Kudus, bisa dikatakan sangat tak layak guna. Pasalnya hampir tiga tahun jembatan rusak tersebut tak dapatkan perhatian dan perbaikan.

Jembatan yang memiliki lebar empat meter serta panjang lima meter tersebut bahkan sudah tak mampu dilalui oleh kendaraan roda empat dan  kendaraan berat. Rambu peringatan seadanya bertuliskan awas jembatan ambrol, boleh lewat resiko tanggung sendiri pun terpasang untuk memperingatkan warga yang melintas.

Joko (46) salah satu warga yang kebetulan bertempat tinggal di dekat jembatan membenarkan hal tersebut. Menurutnya sudah sekitar tiga tahun lamanya jembatan tak direnovasi. Air juga sering limpas ke kediamannya. Ini dikarenakan tumpukan sampah yang kerap menumpuk dibawah jembatan

“Sangat sering air masuk rumah,” jelas Joko.

Menurut keterangan Joko, ketinggian air bisa mencapai lutut orang dewasa. Apalagi saat hujan deras mengguyur daerah tersebut. Bisa dikatakan, rumah Joko lah yang sering terkena imbasnya.

“Selalu seperti itu saat hujan,” ungkap Joko.

Pihaknya pun mengharapkan segera ada perbaikan jembatan terkait hal ini. Mengingat kerusakan sudah lama terjadi dan belum ada upaya perbaikan.

“Kami mohon untuk segera di perbaiki,” tandas Joko.

Sementara itu, Ketua RT, Marmin menjelaskan beberapa hari lalu, Wakil Bupati Kudus, HM Hartopo bersama pemerintah desa sempat mengecek kondisi jembatan. Pihaknya juga telah memutuskan untuk memperbaiki secepat mungkin.

“Sudah diputuskan, tinggal menunggu anggaran,” jelas Marmin.

Terpisah, Kepala PUPR Heru Subiyantoko melalui Kasi Jembatan, Teguh Adi Rustanto mengatakan jika pihaknya telah melakukan pengajuan dana untuk perbaikan jemabatan Blolo Ngati. Hanya, pihaknya belum mendapatkan respon hingga saat ini.

Pihaknya menambahkan, untuk anggaran yang diajukan bisa mencapai Rp satu setengah miliyar. Sedangkan untuk desain jembatan, rencananya akan dibuat seperti jembatan Gondasari yang juga dibangun pihaknya tahun ini.

“Akan sama-sama dikerjakan,” tandas Adi.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...