Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pernikahan Dini Masih Marak Terjadi di Pelosok Pati

0 368

MuriaNewsCom, Pati – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasioanl (BKKBN) Kabupaten Pati mencatat, sebagian besar kasus pernikahan dini di Pati, berada di desa-desa pelosok. Bahkan persentasenya hampir 60 persen.

“Kebanyakan memang di pelosok desa. Kalau di kota agak jarang,” kata Bestyanti Ikhdinastri, Kabid Dalduk dan KB pada BKKBN Pati, pada sosialisasi program pembangunan keluarga di gedung Korpri Pati, Senin (18/2/2019).

Menurutnya, secara undang-undang memang usia diperbolehkan untuk menikah adalah 16 untuk wanita dan 18 untuk laki-laki. Tetapi, usia tersebut akan sangat rentan terhadap risiko kehamilan. Mengingat, secara medis kandungannya belum begitu kuat.

“Tetapi untuk usia ideal menikah, wanita adalah 21 tahun dan laki-laki 25 tahun. Pertimbangannya, secara medis mereka sudah siap dan secara mental juga sudah siap,” ujarnya.

Lebih lanjut, apabila remaja itu melakukan pernikahan dini, dikhawatirkan pemahaman terkait seksualitas dan kesehatan reproduksinya tidak begitu diperhatikan. Apalagi, saat ini angka kematian ibu melahirkan juga tinggi.

“Misalnya apabila menikah dini itu tetap dilakukan, risikonya apabila melahirkan kondisi anak akan pendek. Apalagi jika rahim wanita belum siap untuk dibuahi. Secara medis memang ada banyak,” terangnya.

Sehingga, lanjut Bestyanti, remaja harus mempunyai perencanaan yang matang sebelum menjalin hubungan rumah tangga.

Selain kesehatan reproduksi, kesiapan mental dan ekonomi juga perlu diperhatikan pula. Jangan sampai ketuka sudah menikah, timbul percekcokan sehingga berujung perceraian.

“Karena itulah, kami dari BKKBN selalu memberikan sosialisasi kepada remaja maupun keluarga untuk melakukan perencanaan matang, baik dalam pendidikan maupun perkawinan,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.