Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sosialisasikan Pemilu, KPU Kudus Gelar Festival Relawan Demokrasi

MuriaNewsCom, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus melaksanakan kegiatan festival relawan demokrasi pada even car free day (CFD) di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (17/2/2019). Mereka menyosialisasikan bentuk surat suara. 

Terlihat, dalam kegiatan tersebut selain ada panggung hiburan, juga terdapat kotak suara, bilik suara, dan surat suara. Masyarakat yang hadir dalam CFD tersebut bisa secara langsung mengetahui kotak suara hingga surat suara untuk pemilu 17 April 2019 mendatang.

Komisioner KPU Kudus Ahmad Kholil mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya mengerahkan relawan demokrasi. “Ada sebanyak 55 relawan demokrasi yang ada di Kudus,” ujarnya. 

Ia mengatakan, para relawan tersebut menyosialisasikan tentang tata cara Pemilu 2019. Mulai dari bentuk kotak suara, cara memilih, hingga bentuk surat suara. 

Terlebih surat suara pada tahun ini berbeda pada pemilu sebelumnya. Ada lima surat suara dengan warna berbeda yang nantinya digunakan pada Pemilu 2019.

“Untuk kertas warna hijau untuk DPRD kota/kabupaten, kemudian kertas suara warna biru untuk memilih DPRD provinsi, surat suara warna kuning untuk DPR RI, surat suara warna merah untuk DPD, dan surat suara abu-abu untuk melih capres dan cawapres,” terangnya. 

Untuk itu, harapannya supaya masyarakat mengetahui tata cara pemilu. Mulai dari memilih hingga bentuk surat suara.

“Supaya pemilih itu tahu. Surat suara itu besar dan ada lima lembar. Dan juga pemilih terutama usianya lanjut kan bisa tahu surat suara,” ungkapnya. 

Senada juga diungkapkan oleh Ketua KPU Kudus Naily Syarifah. Menurutnya relawan demokrasi sudah terbentuk dalam basis masing. “Mereka sejak dilantik hingga pemilu nanti melakukan sosialisasi seperti ini,” tambahnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...