Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Gunungwungkal Pati Diajak Berinovasi Ciptakan Sabun dari Limbah Ampas Kopi

MuriaNewsCom, Pati – Desa Sidomulyo, Kecamatan Gungwungkal, Pati merupakan salah satu penghasil kopi. Hanya saja, sering kali ampas kopi dibuang begitu saja. Padahal ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tengah menciptakan inovasi baru, ia membuat terobosan yakni sabun berbahan kopi. Tak ayal, karena Desa Sidomulyo merupakan salah satu sentra kopi Kabupaten Pati.

Wulanda Asseptia, penemu sabun kopi mengatakan, jika ia bersama tim KKN Posko Sidomulyo tergerak hati untuk memaksimalkan potensi yang ada. Tidak hanya sebagai minuman, tetapi ia ingin memperkenalkan kopi dengan inovasi lain sebagai produk baru di Kecamatan Gunungwungkal.

“Karena di sini banyak kopi, dan kopi Jawa dari Sidomulyo merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Dengan itu kami ingin memaksimalkan potensi tersebut, yakni membuat sabun berbahan ampas kopi, ” jelasnya.

Produk sabun yang dibuat dari limbah ampas kopi. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

Mengenai bahan, lanjut Wulanda, ia memanfaatkan ampas kopi murni yang belum tercampur gula. Ada juga esensial oil kopi, Vco, minyak zaitun, minyak sawit dan soda api.

“Bahan-bahan itu kemudian diolah sehingga menghasilkan sabun yang layak untuk digunakan masyarakat,” imbuhnya.

Mahasiswa jurusan kimia tersebut berharap agar inovasi baru ini nantinya mampu menembus pangsa pasar lokal.

“Saat ini kami pasarkan lewat online sebagai langkah awal. Nantinya saya harap mampu menembus pangsa pasar yang lebih luas. Bekerjasama dengan produsen kopi Jawa Sidomulyo, saya yakin produk ini akan lebih dikenal,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...