Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Menengok Kostum Cosplay Buatan dari Jati Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Siapa yang tak kenal dengan sosok tokoh superhero. Seperti Transformer, Bima X, Batman hingga Iron Man. Tokoh-tokoh fiksi tersebut digandrungi banyak anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan kostum cosplay atau kostum tiruan itu menjadi buruan para penggemar.

Bisnis yang menggiurkan tersebut dimanfaatkan oleh David Setia Pambudi (27) yang tinggal Desa Ploso RT 5 RW 5 Kecamatan Jati. Pemuda itu membuat aneka macam kostum superhero.

David sapaan akrabnya mengatakan, sudah banyak kostum cosplay telah ia buat. Mulai dari Bima X, baja hitam, hingga power rangers.

“Ya sudah banyak kostum superhero yang saya buat. Yang paling laris baja hitam, ranger,” katanya.

Ia mengatakan, awalnya menekuni membuat kostum tersebut sejak kecil dulu. Ia mengaku memiliki cita-cita menjadi superhero. Akhirnya hingga dewasa kumpul dengan komunitas pencinta kostum superhero. Bahkan ia mengaku sempat belajar cara membuat kostum cosplay.

“Dulu waktu kecil cita-citanya pengen jadi super hero. Sejak kecil pengen bisa berubah jadi seperti sosok superhero. Akhirnya ya gitu, Kemudian kumpul dengan komunitas. Lalu juga belajar di Jakarta, Tegal, Jogja, dan Semarang,” terangnya.

Ia menekuni usaha pembuatan kostum sejak tahun 2014 lalu. Untuk membuat kostum cosplay membutuhkan waktu hingga satu bulan. Hanya saja, apabila banyak pesanan hingga tiga bulan baru menyelsaikan pembuatan kostum super hero.

“Kalau proses pembuatannya tergantung. Kalau ndak ada pesanan padat satu bulanan. Namun kalau antri bisa nyampai dua hingga tiga bulan. Karena yang lama ini waiting list – nya yang lama,” ungkapanya.

Adapun, bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kostum itu bervariasi. Mulai dari kain hingga gabus. Bahannya pun mudah didapatkan di wilayah Kabupaten Kudus.

“Bahannya mudah didapat.  Di toko busa sudah ada. Di toko seperti jok motor juga ada. Karena membutuhkan bahan seperti kain, gabus, resin, driil, dan kain spandek,” jelasnya.

Untuk harga yang dipasang David untuk kostum cosplay bervariasi. Tergantung dengan model dan tokoh yang dipesan pembeli. Misalnya untuk kostum transfomer itu harganya Rp 2 juta hingga Rp 7 juta.

“Sedangkan yang lain harganya antaranya Rp 1,5 juta sampai Rp 7 juta. Kami juga menyewakan kostum cosplay. Setiap harinya dipasang harga Rp 250 ribu setiap satu kostum,” ungkpanya.

Kostum superhero buatannya laku laris. Tak hanya dari Kudus atau luar pulaua jawa. Bahkan dari luar negeri membeli kostum cosplay buatannya. Seperti Amerika, Brazil, Malaysia dan Inggris.

“Kalau yang sering itu dari Malaysia. Itu pasti setiap bulannya ada yang memesan,” pungkasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...