MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ibu-ibu di Bawen Diedukasi Tentang Kekerasan Seksual Anak Lewat Literasi Digital

0 253

MuriaNewsCom, Semarang – Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang memberikan edukasi tentang kekerasan seksual anak melalui literasi digital kepada warga di Desa Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Tak hanya diedukasi, para mahasiswa ini juga melakukan pendampingan selama sebulan penuh.

Edukasi ini dilakukan dengan menghadirkan ahli psikologi dan konseling Universitas PGRI Semarang Suhendri, S.Pd., M.Pd., Kons. dan Dr. M. Th. Sri Retnaningdyastuti, M.Pd. Kegiatan ini diikuti kader-kader PKK Desa Asinan.

Kegiatan ini digelar atas keprihatinan semakin banyak terjadinya tindakan kekerasan seksual pada anak di berbagai daerah. Sebagai upaya pencegahan terjadinya hal-hal tersebut, maka dilakukan edukasi kepada orang tua sebagai orang terdekat dengan anak terkait tindakan kekerasan seksual.

Para orang tua diedukasi bagaimana cara melakukan pengawasan terhadap anak di era digital. Nantinya diharapkan orang tua mengetahui jenis-jenis tindak kekerasan seksual pada anak.

Dalam sosialisasi ini, pemateri menyampaikan bahwa orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam pencegahan terjadinya tindak kekerasan seksual pada siswa.

Hal ini bisa dimulai dari pemberian pemahaman kepada anak terkait larangan membuka dan memperlihatkan daerah vital di tempat umum.Serta bagaimana cara menolak terjadinya tindakan kekerasan seksual pada anak.

“Sebagai orang tua kita harus bisa memberikan pemahaman kepada anak terkait batasan-batasan mana saja yang boleh dan tidak boleh dilihat atau disentuh oleh orang lain. Kita juga harus memberi tahu anak kita agar menolak kepada siapapun yang ingin melihat atau menyentuh daerah-daerah vital pada tubuh mereka,” ujar Suhendri.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.