MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mahasiswa KKN UPGRIS Ajari Warga Jepara Budidaya Jamur

0 190

MuriaNewsCom, Jepara – Tim KKN UPGRIS mengadakan mengajari warga di Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Jepara, tentang cara budidaya jamur. Media budidaya yang digunakan yakni memanfaatkan barang tak terpakai, yakni serbuk kayu.

Pasalnya, selama ini serbuk kayu di Tegalsambi cenderung hanya jadi sampah. Sehingga warga diajari cara memanfaatkanya, agar bisa menambah perekonomian keluarga.

Ini dilakukan dalam sebuah workshop yang digelar di balai desa setempat, pada Jumat (8/2/2019). Hadir juga dalam kegiatan itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan ESDM Setda Jepara, Muhammad Fatkhurrozi.

Mereka juga mendatangkan narasumber, para ahli di bidang budidaya jamur di sekitar Jepara.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh masyarakat Desa Tegalsambi yang mayoritas peminatnya adalah ibu – ibu rumah tangga. Tria Efiana (35) salah satunya.

Ibu rumah tangga warga RT 1 Tegalsambi ini mengatakan, sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Selain itu untuk menambah wawasan, ia juga ingin merintis usaha di dunia budidaya jamur.

Workshop ini tidak hanya pemaparan materi tentang pemanfaatan serbuk kayu, namun juga dilaksanakan praktik pembuatan media tanam jamur dari awal hingga tahap siap panen.

”Praktik budidaya ini yang terlihat mudah namun perlu ketelitian yang ekstra untuk mendapat hasil panen yang maksimal dengan kualitas jamur yang bagus pula,” kata Abdul Mutolib, salah satu narasumber.

David Ramdani Abdullah, ketua panitia mengatakan, budidaya jamur bisa menjadi sarana peningkatan penghasilan warga.

”Selain itu juga mengurangi limbah serbuk gergaji kayu yang ada di Desa Tegalsambi yang mayoritas memiliki penggergajian kayu dan perajin meubel,” ujarnya.

Setelah terlaksana workshop ini rencananya warga akan diberi stimulant berupa modal dari desa. Sehingga akan muncul UMKM baru bidang jamur di Desa Tegalsambi.

Editor : Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.