MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Merapi Bergejolak, Ganjar Perintahkan Jalur Evakuasi Diperbaiki

0 1.113

MuriaNewsCom, Semarang – Gunung Merapi tengah bergejolak. Hingga Rabu (13/2/2019) kemarin, telah terjadi 16 guguran lava pijar yang mengarah ke Kali Gendol.

Sejak beberapa waktu terakhir, hujan abu juga mulai menyelimuti daerah-daerah di sekitar Merapi. Termasuk di tiga derah di Jateng yang berada di lereng gunung tersebut. Saat ini status Merapi berada pada staus waspada (level 2).

Meningkatknya aktivitas Gunung Merapi ini disikapi serius Pemprov Jateng. Bahkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memerintahkan untuk segera melakukan perbaikan jalur evakuasi di Magelang, Klaten dan Boyolali.

Pasalnya, jalur evakuasi di tiga daerah itu mengalami kerusakan akibat aktivitas penambangan dan pengangkutan hasil tambang yang melebihi kapasitas.

Ganjar meminta, bantuan keuangan provinsi diarahkan untuk perbaikan jalur di tiga kabupaten tersebut. Pasalnya, jika tidak segera diperbaiki akan mengganggu dan membahayakan warga yang hendak mengungsi saat Gunung Merapi erupsi.

“Perbaikan akan segera dilakukan. Nanti yang mengerjakan daerah setelah bantuan keuangan sudah cair,” kata Ganjar.

Pihak terkait juga diminta terus melakukan edukasi kepada masyarakat di kawasan bahaya Merapi. Menurut dia, masyarakat perlu diberi sosialisasi tentang edukasi bencana.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menambahkan, aktivitas Merapi saat ini setelah erupsi besar pada 2010, sifatnya kembali ke karakter aslinya.

“Saat ini yang terjadi erupsi kecil-kecil. Yang harus diwaspadai justru awan panas,” ujarnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.