MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Bawang Merah di Pati Anjlok, Petani Kelimpungan

0 1.139

MuriaNewsCom, Pati – Harga bawang merah di Kabupaten Pati menurun drastis. Bahkan, harga jual tidak sebanding dengan ongkos produksi yang sudah dikeluarkan. Kondisi ini membuat petani kelimpungan.

Salah seorang petani bawang di Desa Bangsalrejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, Jasman mengatakan, harga bawang merah saat ini hanya Rp 9000 per kilogram. Menurutnya, dengan harga tersebut petani tidak bisa menutup ongkos produksi.

“Rp 9000 itu harga dari petani. Tapi harga itu tergolong rendah, apalagi saat ini petani banyak yang panen,” katanya, Rabu (13/2/2019).

Lebih lanjut, untuk ongkos produksi satu hektare tanaman bawang merah, bisa menghabiskan Rp 30 hingga Rp 40 juta. Estimasinya, apabila dalam sekali panen dengan harga normal, yakni Rp 18 ribu perkilo, petani akan mendapatkan Rp 70 juta kotor.

“Itu nanti belum ongkos panen, transportasi dan lain-lain selama dalam proses panen. Tapi kalau harga jualnya cuma Rp 9.000, kita malah rugi,” ungkapnya.

Ia berharap agar pemerintah dapat menstabilkan harga bawang merah tersebut. Sebab, harga bawang turun tidak hanya tahun ini, tetapi tahun-tahun yang lalu juga demikian.

“Kalau saat panen harganya turun, patani kapan bisa untung. Kami sudah merawat tanaman sekuat tenaga dan pikiran, tetapi harganya malah jelek, untuk menutup ongkos produksi saja masih kurang,” tandasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.