MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Padi Siap Panen di Kesambi Kudus Ambruk Diterjang Puting Beliung, Petani Rugi Puluhan Juta

0 139

MuriaNewsCom, Kudus – Tanaman padi siap panen yang terletak di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo turut dihantam angin puting beliung, Senin (12/2/2019) sore kemarin. Akibatanya petani setempat terancam rugi puluhan juta.

Asrukin Kepala Dusun (Kadus) I, Desa Kesambi mengatakan selain rumah warga yang terkena angin puting beliung, sawah di kawasan setempat juga terkena. Akibatnya, padi yang akan dipanen ambruk.

“Rumah warga yang terkena angina di di RT 3 RW 1 Desa Kesambi. Selain itu ada juga sawah milik warga seluas 5 hektare yang tinggal satu minggu lagi dipanen kena angin puting beliung,” jelasnya, Selasa (12/2/2019).

Ia mengatakan, akibat dari kejadian itu para petani setempat diperkirakan rugi puluhan juta. Karena padi yang roboh akan membusuk dan berdampak jumlah panenan yang diperoleh.

“Jelas kualitasnya turun. Harga jualanya pun pasti merosot. Biasanya satu kotak yang ukurannya 1.500 meter persegi itu laku hingga Rp 3 juta. Namun kalau rusak seperti ini paling Rp 2 juta ndak nyampai,” keluhnya.

Padahal, sebelum kejadian angin puting beliung tersebut sawah petani sudah sering menjadi langganan banjir. Bahkan baru sekitar satu minggu kemarin genangan air baru surut.

“Kemarin baru terkena banjir. Airnya baru surut. Ini malah ganti diterjang angin puting beliung. Harapnnya pemerintah nanti dimusim panen agar memberikan bantuan bibit,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.