MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diberi Pembekalan, Panitia Pilkades Tahap II di Grobogan Diminta Jaga Netralitas

0 151

MuriaNewsCom, Grobogan – Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Grobogan melangsungkan pembekalan teknis bagi panitia Pilkades tahap II, Senin (11/2/2019). Pembekalan yang bertempat di gedung Riptaloka, Setda Grobogan itu diikuti panitia Pilkades dari 51 desa.

“Jumlah panitia Pilkades tiap desa ada 7 orang. Pembekalan kita lakukan sehari saja,” kata Kabag Pemerintahan Desa Mudzakir Walad, usai memberikan pembekalan.

Menurut Walad, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan panitia dalam pelaksanaan Pilkades. Yakni, para panitia diwanti-wanti untuk menjaga netralitas alias tidak berpihak pada salah satu kandidat.

Hal lain yang perlu segera dilakukan panitia Pilkades adalah melakukan pendataan pemilih. Panitia diminta melakukan pendataan dengan cermat sehingga semua warga yang sudah memenuhi syarat memilih tidak ada yang kelewatan.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak di Grobogan tahun 2018 akhirnya sudah ada kepastian waktunya. Rencananya, hari H pencoblosan dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 10 Juli mendatang.

Untuk pelaksanaan Pilkades, Pemkab Grobogan sudah mengalokasikan anggaran melalui APBD senilai Rp 800 juta. Dana tersebut nantinya diperuntukkan untuk membiayai keperluan Pilkades. Seperti pembuatan bilik suara, surat suara, dan honor panitia.

“Besar kecilnya dana yang diterima tiap desa beda-beda. Soalnya, jumlah pemilihnya juga tidak sama antara desa satu dengan lainnya,” katanya.

Ditambahkan Walad, pelaksanaan Pilkades di Grobogan memang direncanakan dilangsungkan dalam dua gelombang atau tahap. Pilkades gelombang pertama sudah dilaksanakan 22 November 2018 lalu. Jumlahnya ada 222 desa yang masa jabatan kadesnya berakhir pada bulan Oktober 2018 sampai Maret 2019.

“Dalam gelombang pertama kemarin, ada beberapa kades yang masa jabatan baru berakhir Maret 2019. Tetapi pelaksanaan Pilkadesnya kita majukan pada akhir 2018. Namun, pelantikan 222 kades nanti akan dilakukan bersamaan pada bulan Maret 2019,” jelas mantan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dispermades itu.

Untuk Pilkades gelombang II, lanjut Walad, diperuntukkan bagi 51 desa. Yakni, desa-desa yang masa jabatan kadesnya berakhir setelah bulan Maret hingga Desember 2019. Kades yang terpilih dalam Pilkades gelombang II, rencananya akan dilantik bersamaan pada bulan Desember 2019.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.