MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemilu Kian Dekat, Pelanggaran APK di Kudus Masih Marak

0 132

MuriaNewsCom, Kudus – Sebagian peserta pemilu 2019 nampaknya belum mematuhi peraturan tentang pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK). Buktinya masih ada beberapa APK dan BK yang melanggar. Padahal hanya tinggal beberap bulan saja pemilu 2019 bakal digelar.

Salah satunya keberadaan APK di Dekat SMK Ma’rif Kudus, Desa Prambatan Lor Kecamatan Kaliwungu. Terlihat pemasangan APK dekat dengan gedung sekolahan. Bahkan nampak juga APK dipasangan di tiang listrik yang berjejeran dengan gedung sekolah tersebut.

Koordinator Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kudus Baharrudin mengatakan pemasangan APK dan BK sudah diatur dalam peraturan KPU Kudus. Terutama perihal jarak pemasangan APK paling tidak berjarak radius 10 meter dari tempat ibadah, rumah sakit, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan.

“Peraturan itu tertuang dalam PKPU Kudus nomor 74 tentang penetapan dan tempat pemasangan APK dan BK,” jelasnya.

Ia mengatakan, setiap mendapatkan laporan adanya APK dan BK yang melanggar langsung menindaklanjuti. Kemudian memastikan APK melanggar atau tidak. Apabila melanggar akan langsung direkomendasi untuk ditertibkan.

“Biar kami melakukan pengecekan terlebih dahulu. Seperti kemarin di Tanggulangin itu setelah kami cek ternyata jarak dengan masjid itu 10 meter lebih. Sehingga dengan demikian belum bisa dikategorikan melanggar,” ungkapnya.

Meskipun demikian, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan penertiban APK dan BK yang melanggar. Saat ini masih melakukan inventarisir APK dan BK yang melanggar.

“Kami nantinya akan melakukan penertiban. Pekan depan,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.