MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Kendala Pemkab Kudus Terkait Penataan Kali Gelis Jadi Seperti Sungai Cikapundung Bandung

0 308

MuriaNewsCom, Kudus – Rencana Bupati Kudus, HM Tamzil dalam menormalisasi Sungai Gelis nampaknya akan merambah ke banyak aspek. Impian besarnya untuk menormalisasi wajah Kali Gelis yang akan berkiblat pada Cikapundung pun tak hanya sebatas lancarnya air dan cantiknya tepi jalan sungai yang nantinya akan dibangun saja.

Ada beberapa aspek yang harus diurusi juga seiring dengan berjalannya rencana normalisasi tersebut. Salah satunya adalah masalah kesadaran masyarakat sekitar Kali Gelis dalam menjaga kebersihan sungai dan lingkungannya.

Hal ini dikatakan oleh Camat Kota Kudus, Catur Widiyatno. Ia menyatakan jika pada akhirnya Kali Gelis tidak dapat dipisahkan dari Kudus. Banyak kehidupan yang menggantung dan hidup berdampingan selama puluhan tahun silam.

“Karena Kali Gelis sendiri tak bisa lepas dari keghidupan Kudus,” terangnya.

Soal normalisasi Kali Gelis yang akan jadikan seperti Sungai Cikapundung, dirinya pun menyetujui hal tersebut. Menurutnya jika nantinya sungai dinormalisasi, maka bisa mengurangi potensi banjir limpasan. Selain itu juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat sekitar Kali Gelis.

“Manfaatnya sangat banyak. Masyarakat sekitar juga bisa berkembang, karena ada wisata baru,” ucap Catur.

Hanya, dirinya menggaris bawahi jika ada beberapa persoalan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah efek berantai terkait rencana normalisasi tersebut. Seperti penataan alur sungai serta yang terpenting adalah mengubah pola pikir masyarakat

Tanpa melibatkan masyarakat, normalisasi tidak akan berjalan dengan maksimal. Lebih lanjut dia menyatakan, masyarakat di sekitar Kali Gelis harus dibangun kesadarannya terkait menjaga kebersihan sungai

”Salah satunya dengan tidak membuang sampah ke sungai,” katanya

Berbicara Hambatan, menurutnya, justru yang tersulit dalam pelaksanaan normalisasi Kali Gelis adalah terkait merubah pola pikir masyarakat sekitar. Kesadaran sebagian masyarakat dalam menjaga sungai memangmasih perlu ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya tumpukan sampah di beberapa titik di sungai tersebut.

“Ini yang seharusnya segera ditangani,” tandas Catur.

Sebelumnya, Bupati Kudus HM Tamzil menyatakan Pemerintah Kabupaten Kudusakan mengusulkan normalisasi sekaligus program wisata sungai di Sungai Gelis kepada pemerintah pusat. Melalui kegiatan tersebut, sejumlah titik ditata dari berbagai sisi mulai dari estetika, sosial kemasyarakatan hingga penguatan dari potensi limpasan air saat penghujan.

Usulan river tourism sendiri sudah disampaikan secara langsung kepada Menteri PUPR Basuki Hadikmuljono saat mengunjungi Kota Keretek, baru-baru ini. Menteri berharap proposal dapat langsung dikirim.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.