Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dewan Sebut Relokasi PKL Alun-alun Tak Layak, Pemkab Pati Tetap Ngotot

0 669

MuriaNewsCom, Pati – Tarik ulur relokasi pedagang kaki lima (PKL) Alun-alun Simpang Lima Pati, masih terus berlanjut. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati bersikukuh untuk merelokasi PKL, sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, menyatakan bahwa tenda yang nantinya akan digunakan PKL itu, tidak layak.

Bahkan, Ketua DPRD Pati Ali Badruddin turun langsung melakukan inspensi mendadak (sidak) secara langsung di tempat relokasi tersebut. Didapati, selain lokasinya yang kurang strategis, jejeran tenda yang ada di dalamnya juga rentan rusak. Terlebih pada saat turun hujan disertai angin kencang.

“Ini sangat tidak layak. Apalagi ini di atasnya ada pohon yang sudah tua. Kita pertanyakan keselamatan pedagang dan penghuninya. Apalagi musim hujan ini banyak angin,” katanya. 

Ia juga mengaku masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki terkait tempat yang akan ditempati PKL itu. Bahkan dirinya juga meminta agar PKL juga diperhatikan, meskipun ada renovasi alun-alun.

“Harus kita perhatikan juga lah teman-teman PKL ini, jangan main gusur-menggusur aja,” tegasnya. 

Ditambah lagi, jumlah penyediaan tenda tidak sebanding dengan jumlah PKL yang ada di Simpang Lima. Informasi yang dihimpun, di belakang GOR Pesantenan itu hanya menampung 156 pedagang. Sementara PKL Simpang sebanyak 300-an. Belum lagi ditambah PKL lain yang berada di zona merah.

Para PKL sebelumnya juga sudah melakukan audiensi dengan DPRD Pati. Mereka belum mendapatkan jawaban yang pasti dari wakil rakyat tersebut. Sehingga, saat ini para PKL masih menunggu apa yang akan dilakukan para dewan.

“Yang jelas, lokasi tidak strategis dan hasil sidak dewan menyatakan tidak atau belum layak. Masak mau dipaksakan!,” kata Tukul, Ketua Paguyuban PKL Simpang Lima Pati, Sabtu (9/2/2019).

Namun, Pemkab Pati tetap melaksakan relokasi tersebut. Alasanya, Peraturan Daerah (Perda) sudah mengatur hal tersebut.  Ditambah lagi, dalam waktu dekat Alun-Alun Pati segera direnovasi. Mutlak, para PKL yang berada di Simpang Lima, tetap pindah.

Apalagi, pada Jumat (8/2/2019) malam kemarin, pihak pemkab bersama dengan masyarakat setempat sudah melakukan upacara selametan sebagai tanda awal penempatan lokasi PKL yang baru itu. 

Bupati Haryanto mempersilahkan bagi para PKL apabila hendak menempati dalam waktu dekat ini. Tetapi pemindahan akan tetap dilakukan manakala pemenang lelang renovasi alun-alun sudah ada dan sudah dilakukan pemagaran. 

“Kalau nanti sudah persiapan pemugaran, seminggu sebelumnya kami akan memberitahukan kepada para PKL Simpang,” tuturnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.