Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengendara Mobil di Grobogan Tak Sengaja Motret Pohon Tumbang Kena Sambaran Petir

0 12.132

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah momen langka berhasil diabadikan melalui kamera handphone oleh seorang pengendara mobil yang melintas di jalan MH Thamrin Purwodadi, Jumat (8/2/2019). Yakni, sambaran petir yang mengenai sebuah pohon jati di pinggir jalan raya, sekitar pukul 15.30 WIB. Akibat sambaran petir ini, pohon jati ini tumbang menghalangi jalan.

Pengambil gambar adalah Anton, warga Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan. Saat itu, Anton yang mengendarai mobil dari rumahnya hendak menuju ke Purwodadi.

Saat melewati jalan MH Thamrin, ia melihat ada pohon jati tumbang dan ujungnya mengenai pohon jati lainnya yang ada diseberang jalan. Melihat kondisi itu, Anton segera berhenti untuk mengambil gambar pohon tumbang melalui handphone. Saat itu, kondisi cuaca sedang hujan deras diselingi suara petir menggelegar.

Setelah itu, gambar tersebut langsung dikirimkan pada temannya yang kebetulan bertugas jadi tim SAR BPBD Grobogan. Dari informasi yang dikirimkan itu, tim SAR langsung bergerak ke lokasi untuk menangani pohon tumbang tersebut agar lalu lintas tidak macet.

Anggota tim SAR BPBD Grobogan sedang bersiap menangani pohon tumbang di jalan MH Thamrin Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Selepas penanganan itulah, Anton baru dikasih tahu kalau ada yang aneh dalam foto yang diambilnya. Setelah diperbesar, dalam gambar terlihat ada jilatan api yang cukup besar ditengah pohon tumbang tersebut. Diperkirakan, api itu berasal dari sambaran petir yang mengenai batang pohon jati.

“Awalnya saya tidak percaya saat diberi tahu masalah itu. Setelah saya zoom fotonya, ternyata memang tampak ada jilatan api. Usai ambil foto saya memang tidak sempat melihat hasilnya karena tujuannya untuk memberikan informasi pada teman kalau ada pohon tumbang. Fotonya juga satu itu saja,” kata Anton yang mengaku sempat merinding saat melihat ulang foto tersebut.

Setelah mengambil foto, Anton masih nekat lewat karena ada celah antara jalan dan pohon tumbang. Ia berani melintas setelah mobil di depannya juga aman melaju dibawah pohon tumbang tersebut.

Sementara itu, beberapa anggota tim SAR yang dimintai komentarnya menyatakan, saat evakuasi pohon tumbang memang sempat terlihat ada bekas batang terbakar. Namun, mereka tidak memperhatikan betul kondisi itu karena banyak kendaraan yang sudah menunggu lewat.

“Tadi banyak kendaraan yang terjebak macet akibat pohon tumbang. Jadi, kita berupaya bisa menangani secepat mungkin. Bisa jadi, pohon tadi tumbang karena kena sambaran petir,” kata Akbar, salah satu anggota tim SAR BPBD Grobogan yang ikut melakukan penanganan pohon tumbang itu.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.