Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Buka Pelatihan Teknis, Tamzil Harapkan E- SAKIP Kudus Naik Akreditas

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus, HM Tamzil siang tadi membuka pelatihan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Gedung Setda lantai 4, Jumat (8/2/2019) pagi. Pelatihan tersebut diikuti sebanyak empat puluh orang dari berbagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang membidangi perencanaan evolusi dan pelaporan.

Dalam pelatihan kali ini, Pemerintah Daerah menggandeng Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan akan berlangsung selama delapanbelas hari.Terhitungu mulai 11 Febuari hingga 1 maret mendatang.

Di depan peserta pelatihan, Tamzil mengingatkan betapa pentingnya SAKIP terutama di kalangan masyarakat Kudus. Ia menilai jika pelayanan bersih dan transparan, maka masyarakat akan semakin percaya kepada pemerintah.

“Jadi jangan anggap pelatihan ini main-main,” jelas Tamzil.

Tamzil menambahkan dengan adanya E-SAKIP masyarakat Kudus bisa mengamati sekaligus memantau jalannya pemerintahan secara langsung. Harapannya adalah masyarakat semakin percaya kepada pemerintahan.

Selain itu untuk target tahun ini Tamzil mengharapkan kenaikan nilai dari E-Sakip Kabupaten Kudus. Yakni dari B menuju predikat B+.

“Semoga bisa untuk naik kesana tahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala (BPKPP), Yuliono Nugroho menambahkan tujuan terkait diadakannya pelatihan penggunaan SAKIP ini. Menurut pihaknya, kegiatan ini dilaksanakan dengan niat untuk mencapai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang lebih baik lagi.

Pelatihan ini sendiri dijadwalkan berdurasi total 166 jam dengan berbagai pelajaran muatan lokal serta pengetahuan umum mengenai SAKIP.

“Harapan kita nantinya masyarakat bisa mengetahui pemerintahannya itu seperti apa dan apa saja yang dilakukannya,” ungkap Yuli.

Lebih lanjut, Mohammad Arief Irwanto selaku Kepala BPSDM Provinsi Jateng mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. Dirinya beralasan jika kegiatan ini merupakan langkah tepat dan cepat yang diambil oleh Kabupaten Kudus. Mengingat semua daerah mulai berlomba untuk mencapai transparansi dan akuntabilitas birokrasinya masing-masing.

“SAKIP ini dapat menjadikan penyelenggaraan negara yg bersih dan bebas dari KKN, terwujud perencanaan pembangunan yg terintegrasi,” tandas Arief.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...