MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawa Kabur Duit Nasabah, Bos KSU AJM Juwana Dipenjara 11 Tahun

0 1.167

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Koperasi Serba Usaha  (KSU) Artha Jaya Mandiri (AJM) Juwana, Karji dijatuhi hukuman 11 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Pati. Vonis tersebut dijatuhkan lantaran Karji terbukti menggelapkan uang nasabah sebanyak Rp 4,202 miliar.

Ketua Majelis Hakim PN Pati, Bertha Arry Wahyuni mengatakan, vonis tersebut lebih berat satu tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan sepuluh tahun penjara.

Dalam amar putusannya, majelis hakim dengan anggota Niken Rochayati dan Agung Irawan menyatakan, terdakwa Karji yang merupakan warga Desa Tluwah, Kecamatan Juwana, Pati, terbukti melakukan perbuatan pidana melawan hukum.

“Terdakwa H Karji ST terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tanpa izin usaha dari Pimpinan Bank Indonesia,” katanya, Jumat (8/2/2019)

Hal itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16, sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 46 Ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 1998 Tentang perubahan atas UU Nomor7 tahun 1992 tentang Perbankan Jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Terdakwa Karji yang juga menjadi narapidana dengan perkara lain dan ditahan di rumah tahanan Rembang, dan berbelit-belit dipersidangan. Ini menjadi pertimbangan memberatkan oleh hakim.

Sedang pertimbangan yang meringankan, terdakwa bersikap sopan selama proses persidangan berlangsung.

“Majelis hakim juga memerintahkan ratusan lembar warkat simpanan, kupon undian maupun buku rekening tabungan dikembalikan kepada 21 nasabah yang memperkarakan terdakwa,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Karji, bersama General Manager KSU Artha Jaya Mandiri, dalam kurun waktu 2006-2015, telah melakukan perbuatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan tanpa izin usaha dari Bank Indonesia.

Akibat perbuatan terdakwa tersebut menyebabkan saksi 21 saksi korban yang juga nasabah KSU AJM mengalami kerugian kurang lebih Rp 4,202 miliar.

Baca : Bermasalah, Koperasi Arta Jaya Mandiri Juwana Digeledah Polisi

Diberitakan sebelumnya, KSU AJM yang terletak di Jalan KH Mansyur Juwana menambah sederet koperasi bermasalah di Kabupaten Pati. Pada Rabu (12/7/2017), polisi menggeledah kantor AJM.

Penggeledahan koperasi tersebut menyusul banyaknya aduan dari masyarakat yang menyebutkan AJM bermasalah. Dari informasi yang dihimpun, kerugian nasabah ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Salah satu nasabah yang merasa dirugikan, Budi Setyo mengaku telah menyetor dana Rp 160 juta untuk deposito. Bahkan, dia juga mengajak ibu dan kakaknya menyimpan uang di AJM dalam bentuk deposito hingga Rp 500 juta.

Mereka dijanjikan mendapatkan bunga 2 persen setiap bulannya. Namun, koperasi tersebut mengalami macet total pada Desember 2015 sampai sekarang.

Beberapa nasabah lain mengalihkan deposito ke tabungan biasa. Hanya saja, nasabah tidak bisa mengambil uang tabungannya dengan berbagai alasan.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.