Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

PLTU Jepara Bakal Jadi Lumbung Energi Listrik Terbesar Nasional

MuriaNewsCom, Jepara – Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B (TJB), di Desa Tubanan, Kembang, Jepara, dipastikan akan segera menjadi sangat vital. Bahkan PLTU ini akan menjadi lumbung energi listrik terbesar di Indonesia.

Sejak dibangun unit 1, 2,  3 dan 4, PLTU TJB sudah menjadi bagian penting bagi penyuplai enegi listrik bagi sistem Jawa-Bali-Madura. Posisinya akan semakin penting, jika nanti unit 5 dan 6 yang saat ini tengah dalam proses pembangunan, mulai beroperasi di tahun 2020.

Pernyataan ini disampaikan Executive Vice President Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero), Purnomo Jaya. Ia menyebut pengelolaan PLTU TJB saat ini menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia.

Stadar pengelolaannya bahkan disebutkannya telah mencapai standart world class, yang pada akhirnya memberi dampak positif dalam ikut memberikan pemenuhan energi listrik secara nasional.

“Hal ini harus terus ditingkatkan, apalagi dalam waktu dekat ini PLTU TJB dipastikan akan menjadi pembangkit terbesar di Indonesia,” katanya.

PLTU TJB diperkirakan akan menyumbang sekitar 12 % dari seluruh kebutuhan energi listrik di Sistem Jawa-Bali. Jika nanti pada unit 5 dan 6 sudah bisa memproduksi, maka total kapasitas produksinya akan mencapai 46.000 MW. Kapasitas ini akan menjadi yang terbesar di seluruh Indonesia.

Keberadaan PLTU ini diharapkan tidak hanya menjadi lumbung energi nasional saja. Namun juga harus bisa menjadikannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami tentu tidak ingin PLTU TJB hanya menjadi yang terbesar di Indonesia.  Namun kami juga ingin agar nantinya bisa menjadi entitas bisnis yang bisa menyatu dengan lingkungannya,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...