Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kenang Jasa Pahlawan, Veteran Pati Dikumpulkan 

MuriaNewsCom, Pati – Sebagai upaya untuk mengenang para jasa pahlawan, para veteran dikumpulkan di Pendapa Kabupaten Pati, Kamis (7/2/2019). Acara tersebut juga untuk memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) ke-38 Kabupaten Pati.

Purnawirawan Kapten Infantri TNI AD, Untung Djoko Suratno mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan antara LVRI dan PPM. Selain itu juga mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan negara Indonesia.

“Sehingga LVRI dan PPM tetap bersatu dan guyub rukun serta tidak terpecah belah. Karena dua lembaga ini tidak bisa dipisahkan karena merupakan satu kesatuan yang mana LVRI adalah bapak sedangkan PPM adalah anak,” katanya.

Untung juga berterima kasih, lantaran pada acara yang mengundang 200 tamu undangan dari perwakilan Semarang, Solo, Jepara, Kudus, Rembang  serta ketua PPM Jawa Tengah dari Keraton Solo, difasilitasi oleh Bupati Pati Haryanto.

Ia menuturkan, pada rencana awal saat membuat proposal kegiatan pada keterangan tempat dan waktunya masih kosong.

“Sempat ada negosiasi saat kami sowan ke beliau bersama ketua PPM karena jadwalnya padat. Tetapi setelah dicek, acara ini bisa terlaksana pada hari ini di Pendopo,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menyampaikan bahwa terselenggaranya acara ini bukan untuk hura-hura melainkan untuk mengingatkan perjalanan sejarah panjang kemerdekaan Indonesia.

Masyarakat saat ini perlu bersyukur, karena dengan berbagai perbedaan dan ribuan pulau saat ini bisa dipersatukan dengan kemerdekaan.

“Kalau sedikit-sedikit ada pertentangan dan percekcokan seharusnya bisa diatasi dengan cara lainnya. Misal, ketika orang tidak bisa duduk satu meja, kan bisa duduk di meja lain dengan orang yang memiliki pola pemikiran yang sama,” imbaunya.

Bupati mengatakan meski kondisi di Pati yang sangat dinamis, tetapi organisasi FKPPI, LVRI, Pemuda Pancasila dan PPM beriringan dan tidak pernah berbenturan karena tahu porsinya masing-masing.

“Jangan sampai, gara- gara beda pilihan jadi ribut, yang terpenting mari ambil hikmah. Agar generasi penerus tidak larut dalam hal yang tidak benar karena salah paham,” tutupnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...