Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Blora dan Unissula Teken MoU Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

0 118

MuriaNewsCom, BloraPemkab Blora melangsungkan penandatanganan nota kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kamis (7/2/2019).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho dan Rektor Unissula Prabowo Setiyawan. Sejumlah Kepala OPD terkait dan jajaran pimpinan Unissula lainnya ikut menyaksikan acara penandatanganan yang dilangsungkan di kantor bupati tersebut.

Rektor Unissula Prabowo Setiyawan menegaskan, sebuah perguruan tinggi mempunyai tiga tugas utama. Yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Adapun maksud kedatangannya ke Blora adalah ingin melaksanakan tiga tugas utama tersebut bagi masyarakat.

“Salah satu hadits menerangkan, sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat untuk sekitarnya. Begitu juga dengan Unissula. Kami ingin memberikan manfaat untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Blora melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian. Salah satunya akan diwujudkan dengan pelaksanaan program KKN atau Kuliah Kerja Nyata,” ungkapnya.

Menurutnya, pihak Unissula sudah melakukan MoU dengan beberapa kabupaten lainnya. Belum lama ini, pihaknya juga menerjunkan mahasiswa KKN di Kabupaten Semarang dan Jepara. Harapannya dalam waktu dekat, Blora juga bisa menjadi lokasi KKN mahasiswa Unissula.

Bupati Blora Djoko Nugroho saat menyambut rombongan Rektor Unissula Prabowo Setiyawan guna penandatanganan MoU tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kamis (7/2/2019). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

“KKN kami tidak hanya selesai satu tahap saja, lalu ditinggal. KKN akan kami lakukan bertahap dan berkelanjutan sehingga ada suatu pendampingan untuk masyarakat, Dengan demikian, hasilnya bisa terukur dan perubahannya bisa dirasakan. Jika ada permasalahan lain yang butuh diteliti dan diatasi bersama, kami juga bersedia membantu sesuai disiplin ilmu yang ada di Unissula,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho menyambut baik penandatanganan MoU dengan Unissula tersebut. Bahkan, Djoko langsung meminta agar OPD terkait agar segera melakukan tindak lanjut dengan pihak Unissula sesuai permasalahan yang ada di Kabupaten Blora.

“Terimakasih Unissula yang telah datang ke Blora untuk menjalin kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kehadiran perguruan tinggi di Kabupaten Blora merupakan hal yang penting dan diharapkan bisa membantu Pemkab dalam mengatasi masalah yang ada, seperti kemiskinan dan stunting. Bantu kami agar masyarakat bisa keluar dari garis kemiskinan dengan pemberdayaan berbasis potensi desa,” tegasnya.

Ia berharap dengan pelaksanaan KKN nanti, mahasiswa Unissula bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan, membiasakan hidup sehat dan mencegah pernikahan dini.

“Angka pernikahan dini di Kabupaten Blora ini masih tinggi. Orang desa kebanyakan malah bangga ketika anak gadisnya dilamar laki-laki meskipun belum cukup umur. Pola pikir seperti inilah yang harus diubah. Semuanya harus kompak untuk mengubah kebiasaan pola pikir seperti ini,” cetusnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.