Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Mulai Rakit Kotak Suara, Bilik Berbahan Karton Masih Kurang

0 148

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara mulai melakukan persiapan lanjutan untuk Pemilu 2019. Di antaranya, melakukan perakitan kotak suara dari berbahan karton duplex.

Proses perakitan ini dilakukan di Gudang KPU Jepara di Desa Wonorejo dan Bandengan Jepara, Kamis (7/2/2019).

Ketua KPU Jepara, Subhan Zuhrie menyatakan, jenis logistik yang akan disiapkan merupakan bagian dari perlengkapan pemungutan suara. Seperti kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat mencoblos pilihan, serta tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu juga logistik pendukung lainnya, seperti sampul kertas, tanda pengenal KPPS, karet pengikat surat suara, kantong plastik, pena, gembok atau alat pengaman lainnya, spidol, formulir berita acara, stiker kotak suara dan lain-lain.

“Untuk perlengkapan pendukung ini sudah mulai disiapkan sepanjang Januari 2019 lalu. Untuk Februari, mulai hari ini sampai 10 hari ke depan, kami fokus menyusun kotak suara,” katanya.

Kotak suara Pemilu 2019 sendiri dibuat dari lembaran-lembaran berbahan karton duplex. Sejak dikirim ke KPU Jepara, bentuknya masih lembaran-lembaran dan hari ini mulai dirakit menjadi bentuk kotak.

KPU Jepara saat ini sudah menyiapkan 5 gudang penyimpanan sekaligus tempat untuk melakukan penyiapan seluruh logistik Pemilu 2019.

Satu gudang menyatu dengan Kantor KPU Jepara, dan 4 lainnya berada terpisah. Gudang yang terletak terpisah, terletak di Desa Bandengan, Desa Wonorejo, dan dua gudang tambahan lainnya di Aula Kantor Disdikpora dan Aula Gedung PGRI Jepara.

“Kami sudah menggelar rapat koordinasi mengenai logistik Pemilu ini. Selain melibatkan semua komisioner KPU Jepara juga mengikutka Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko. Di luar itu juga kami ajak serta beberapa pihak yang berkait dengan masalah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jepara lainnya, Muhamadun menyebutkan, saat ini logistik kotak suara yang sudah diterima KPU Jepara sebanyak 16.516 unit. Sedangkan bilik suara berbahan karton duplex yang sudah sampai di gudang KPU sebanyak 5.428 unit. Untuk bilik suara, bahannya belum disusun.

Pada pemilu 2019 ini, KPU Jepara juga masih akan menggunakan bilik aluminium dari pemilu sebelumnya, dengan jumlah 7.644 unit.

Masih ada kekurangan logistik bilik dan kotak suara karena terdapat penambahan jumlah TPS dan pengirimannya dilakukan menyusul. Sementara itu untuk surat suara sampai saat ini belum tiba di Gudang KPU Jepara.

“Sesuai pemberitahuan dari penyedia, untuk surat suara akan dikirim keJepara pada 13 Februari mendatang ini. Kami tentu akan menunggu,” jelas Muhamadun.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.