MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.000 Keluarga Miskin di Jepara Diberi Sambungan Listrik Gratis

0 406

MuriaNewsCom, Jepara – Program penyambungan listrik gratis digelar oleh PT PLN (Persero) untuk warga masyarakat di Jepara. Melalui  dana CSR (Coorporate Social Responcibility) PLN Unit Pembangkitan Tanjung Jati B, program ini dilaunching pada Kamis (7/2/2019).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara simbolik meluncurkan program layanan penyambungan gratis bagi warga tidak mampu itu di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara.

Didampingi Executive Vice President Regional Bagian Tengah PLN, Purnomo Jaya, Bupati Jepara Ahmad Marzuki dan jajaran Forkopinda Jepara, secara simbolis Ganjar Pranowo melakukan  program penyambungan ini.

Sebanyak 1.000 keluarga miskin di Kabupaten Jepara mendapatkan sambungan gratis ini. Sebelumnya, sejak November 2018 hingga kuartal I tahun 2019 sambungan gratis ini sudah dimulai.

Dengan daya 900 VA, sampai saat ini sudah tersambung 528 rumah tangga miskin di 10 desa. Di antaranya di Desa Tubanan, Kaliaman, Kancilan (Kecamatan Kembang). Kemudian Desa Bondo, Wedelan, Banjaragung, Srikandang, Papasan (Bangsri), Tanjung, Pakis Aji dan Desa Blingoh (Donorojo).

Sambungan gratis lainya akan segera direalisasikan untuk 10 desa lainnya. Desa-desa tersebut adalah Jinggotan (Kembang), Sumosari (Batealit), Pancur, Bungu, Bandung, Pule (Mayong), Bategede (Nalumsari), Menawan (Gebog) dan Banyuputih (Kalinyamatan). Sehingga secara keseluruhan program ini akan menjangkau 20 desa.

Ganjar Pranowo menyatakan sangat bangga dan berterima kasih dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh PT PLN.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 9,4 juta lebih rumah warga di Jawa Tengah yang sudah dialiri listrik.  Jumlah tersebut mencapai persentase sekitar 90 persen.

Sedangkan sebanyak 2,4 juta lainnya masih ada yang belum teraliri listrik. Karena itu, program seperti ini akan sangat bermanfaat dalam rangka mengangkat kesejahteraan rakyat.

“Dana CSR yang diarahkan pada sasaran yang tepat akan membantu kita untuk bersama-sama menggerus kemiskinan. Formulasi yang tepat untuk memberantas kemiskinan saya kira adalah dengan cara ‘mengeroyoknya’ bersama-sama,” ujar Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Executive Vice President Regional Bagian Tengah PLN, Purnomo Jaya, menyatakan, untuk program sambungan diberikan secara gratis. Namun untuk biaya bulanannya tetap harus dibayar oleh warga penerima bantuan.

Program ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Penerima bantuan diambil dari data BDT (Basic Data Terpadu) Kementrian ESDM 2016, yang kemudian disurvei ulang oleh PLN dan Pemkab Jepara. Sehingga dipastikan program ini tepat sasaran.

“Dengan kegiatan ini, maka Tanjung Jati B menjadi pembangkit pertama di Indonesia yang menginiasiasi dan memberikan bantuan penyambungan listrik gratis di sekitar lokasinya,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, juga disalurkan 3.000 paket nutrisi bagi siswa-siswi di Kabupaten Jepara. Selain itu juga diberikan bantuan pelampung bagi para nelayan yang tergabung dalam perkumpulan nelayan Sapta Pesona Jepara.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.