Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cetak Surat Suara, PT Pura Barutama Kudus Dijaga Ketat Polisi

MuriaNewsCom, Kudus – Kepolisian Resor Kudus (Polres) Kudus terus berupaya mengamankan jalannya proses awal Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar 17 April mendatang. Setelah kemarin berkomitmen untuk menjaga perakitan kotak pemilu, kini surat suara yang di cetak oleh perusahaan kertas PT Pura Barutama pun dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Dari pantauan MuruaNewsCom, tampak para personel Polres Kudus melakukan penjagaan yang super ketat. Penjagaan sendiri mulai diterapkan sejak hari pertama pencetekan surat suara. Ini ditujukan supaya tempat percetakan steril dan netral.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono, membenarkan kegiatan penjagaan tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengamanan selama 24 jam. Penjagaan akan dilakukan secara bergantian.

“Benar untuk menjaga area tersebut steril,” terang Saptono.

Terkait personel yang diterjunkan, pengamanan kali ini bahkan  melibatkan personel dari Brimob Mabes Polri. Ini mengingat penyetakan surat suara bisa dikatakan sangat vital.

“Sangat vital jadi harus sangat ketat,” ujar Saptono.

Selain melibatkan Brimob Polri serta menerjunkan anak buahnya, pengamanan tersebut juga  dilakukan bersama pemangan internal perusahaan. Sehingga pengamanan jadi sangat berlapis.

Para personel Polres Kudus saat berada di pos pengamanan PT Pura Barutama Kudus. (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Posko kepolisian juga didirikan di ring terluar penjagaan. Ditambahkan, Polres Kudus juga melibatkan pengamanan perusahaan yang memproduksi surat suara.

“Ini merupakan bentuk upaya kita terkait pengamanan,” ucapnya.

Soal akses keluar masuk area percetakan  juga sangat dijaga ketat. Semua petugas maupun pegawai yang lalu lalang di lakukan pemeriksaan secara ketat. Mereka akan di geledah satu per satu supaya tidak ada  barang mencurigakan yang menerobos masuk.

”Kita melibatkan pengamanan security internal, digeledah, clear baru boleh keluar. Demikian juga masuknya, digeledah, clear baru boleh masuk,” katanya.

Dengan pengamanan yang super ketat ini Saptono mengharapkan tidak ada kecolongan-kecolongan apapun  terkait surat suara yang akan digunakan pada Pemilu tahun ini. Masyarakat juga diminta untuk kondusif dalam mendukung calon yang dianggapnya pantas menjadi wakilnya.

“Pemilu tahun ini ayo kita laksanakan dengan damai,” pintanya.

Tak lupa dirinya juga menyarankan untuk tidak mudah terpancing berita bohong soal pemilu 2019. Serta tak mudah tersulut emosinya apabila mendapat kabar yang belum tentu terpercaya sumber dan datanya.

“Kami berusaha mengamankan sekuat mungkin, menjada pemilu ini senetral dan sesteril mungkin,” tandas Saptono.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...