Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desain di Tangan, Tamzil Bakal Sulap Kali Gelis Kudus Bak Sungai Cikapundung Bandung

0 1.981

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus, HM Tamzil mulai merencanakan pembangunan Kali Gelis untuk kawasan wisata kota. Ini merupakan langkah lanjutan yang diambilnya pasca normalisasi sungai yang membentangi Kota Kretek tersebut.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya telah mempunyai Detail Enginering Design (DED) untuk membuat kawasan Kali Gelis mirip seperti Sungai Cikapundung di Jawa Barat. Dalam Pekerjaan Konstruksi,  DED sendiri merupakan produk dari konsultan perencana, yang biasa digunakan dalam membuat sebuah perencanaan gambar kerja detail bangunan sipil seperti gedung, kolam renang, jalan, jembatan, bendungan, dan pekerjaan konstruksi lainnya.

“Sudah ada tahun 2015 lalu, tinggal kita pakai,” jelasnya.

Terkait rincian desainnya, Tamzil menjabarkan jika nantinya pengerjaan akan dimulai dari Jembatan Panjang dan akan berakhir di Jembatan Tanggulangin. Bendung kembang-kempis juga akan disiapkan untuk menampung air serta bisa juga digunakan untuk irigrasi pertanian.

“Normalisasi serbaguna intinya,” terang Tamzil.

Bupati Kudus, HM Tamzil bersama Wakilnya HM Hartopo saat dimintai keterangan soal normalisasi, kemarin. (MuriaNewsCom/Anggara Jiwandhana)

Tamzil menambahkan, pihaknya juga akan menyiapkan beberapa panggung atau sudut hiburan dilengkapi dengan beberapa fasilitas supaya para masyarakat bisa menikmati suasana di tepi Sungai Gelis. Pengerjaan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga tahun.

“Untuk tempat rekreasi baru masyarakat Kudus,” lanjut Tamzil.

Soal anggaran, Tamzil menjelaskan jika penerapan rancangan tersebut akan memakan biaya sebesar Rp 250 miliar. Pihaknya pun sudah mengajukan proposal kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono.

“Kemarin waktu berkunjung dibawa langsung oleh beliau,” jelas Tamzil saat di temui di Pendopo Kabupaten.

Selain membahas rancangan normalisasi kali Gelis, Tamzil pun mengusulkan beberapa normalisasi sungai di Kudus lainnya. Seperti Serang Welahan Drainage (SWD) I dan SWD II serta JU I, JU II hingga Sungai Wulan. Normalisasi memang dikatakan Tamzil menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi banjir yang sering mengepung Kabupaten Kudus disaat musim penghujan.

“Normalisasi sungai di Kabupaten Kudus sangat perlu,” tandas Tamzil.

Sementara itu, ditemui terpisah, Camat Kaliwungu, Fitrianto juga memberikan keterangan jika normalisasi merupakan solusi banjir di Kaliwungu terutama daerah Setrokalangan dan Karangturi.

“Kedalaman¬† SWD I maupun SWD II ini hanya satu sampai satu setengah meter, sedangkan normalnya tujuh meteran, karna inilah daerah Setrokalangan sering banjir,” tandas Fitrianto.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.