Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KPU Kudus Mulai Rakit Kotak Suara dari Kardus

MuriaNewsCom, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus mulai merakit kotak suara yang terbuat dari kardus untuk keperluan pemilu 2019 di Gudang KPU, Kelurahan Purwosari RT 1 RW 7 Kecamatan Kota, Rabu (6/2/2019). Proses perakitan berlangsung sejak tiga hari yang lalu.

Dari pantauan MuriaNewsCom, terlihat beberapa orang sedang sibuk merakit kotak suara. Dengan seksama mereka terlihat merakit kotak suara yang terbuat dari kardus itu.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan bulan Februari ini KPU Kudus sudah mulai merakit kotak suara. Ada sebanyak 15245 kotak suara yang mulai dirakit.

“Di Kabupaten Kudus ini ada sebanyak 3049 TPS. Setiap TPS ada sebanyak 5 kotak suara. Kemudian ditambah 11 kotak suara tambahan yang dibagikan di 9 Kecamatan. Sehingga ada penambahan 99 kotak suara,” jelasnya, Rabu (6/2/2019).

Ia mengatakan, perakitan kotak suara ditargetkan selesai dalam waktu 10 hari. Namun diperkirakan perakitan ini akan lebih cepat. Satu minggu perakitan kotak suara sudah selesai.

“Satu minggu diperkirakan selesai karena ini lebih cepat,” ungkapanya.

Untuk pekerjaan sendiri ada sebanyak 10 orang pekerja. Setiap kotak suara pekerja mendapat upah Rp 750. Dikerjakan dalam waktu satu pekan selesai.

“Sedangkan untuk distribusinya mendekati hari H pemilihan 17 April 2019. Karena surat suaranya belum dikirim,” jelasnya.

Sementara itu, Ridwan warga Singocandi RT 6 RW 1 Kecamatan Kota mengaku sering ikut merakit kotak suara. Tahun lalu ia pun ikut merakit kotak suara yang terbuat dari aluminium.

“Kalau ini lebih cepat, maksimal 5 menit kotak suaranya sudah jadi,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...